Bertemu SBY dan JK, Pengamat: Cara Prabowo Lepaskan Diri dari Bayangan Jokowi

Prabowo mulai gencar melakukan komunikasi politik jelang Pilpres 2024. Terbaru, dia dijadwalkan bakal bertemu SBY. Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu dengan JK.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 11 Mei 2023, 08:28 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 06:48 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) pada Selasa (2/5) sore (Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) pada Selasa (2/5) sore (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai gencar melakukan komunikasi politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terbaru, Menteri Pertahanan itu dijadwalkan bakal bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu dengan Jusuf Kalla (JK).

Menanggapi hal itu, pengamat politik Hermawan Sulistyo menilai rencana pertemuan itu sebagai upaya Prabowo melepaskan diri dari bayang-bayang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya betul (lepas dari pengaruh Jokowi). Bagian dari upaya desperate untuk tetap bisa maju sebagai capres," kata dia ketika dikonfirmasi, Kamis (11/5/2023).

Kendati begitu, Hermawan meyakini, pertemuan dengan SBY itu tidak rasional bagi Prabowo yang sudah berkali-kali gagal dalam Pilpres. Dia merasa, pertemuan tersebut dikondisikan oleh orang-orang yang ada di lingkaran Prabowo.

"Tidak rasional setelah gagal berkali-kali. Itu karena gosokan orang-orang dekatnya saja," ujar Hermawan yang juga pengamat keamanan itu.

Hermawan menambahkan, sosok SBY dan Prabowo tidak memiliki kedekatan, bahkan semenjak masih berdinas di kemiliteran.

"Kesaksian Agum Gumelar sangat jelas. SBY adalah salah seorang jenderal anggota DKP yang menandatangani pemecatan (PTDH) Prabowo. Aneh kalau mendukung pencapresan Prabowo," kata Hermawan.

Sementara itu, Pengamat Politik lainnya, Ujang Komarudin menyebut pertemuan Prabowo dan SBY adalah sebuah keharusan. Ujang berpandangan, pertemuan keduanya adalah sebuah keniscayaan dan keharusan bagi Pak Prabowo ketika dia ingin jadi capres.

"Maka (Prabowo Subianto) harus bertemu dengan siapa pun. Bertemu dengan tokoh parpol atau tokoh-tokoh bangsa. Ini konteksnya kebutuhan untuk berkomunikasi dengan para tokoh dan king maker," kata Ujang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisa Jadi Amunisi Jika Lolos Putaran Kedua Pilpres 2024

Salam Komando Prabowo dan SBY Usai Bahas Pemilu 2019
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) salam komando dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto usai menggelar pertemuan di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (21/12). Pertemuan membahas Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ujang juga mengatakan Prabowo memang harus banyak menjalin komunikasi dengan sosok seperti SBY dan Jusuf Kalla. Sebab, apabila nanti Prabowo maju di Pilpres 2024 dan terjadi dua putaran. Hal itu akan menjadi sangat penting.

"Misalkan ada dua putaran, dan Prabowo masuk dua putaran. Itu bisa saja menjadi dukungan seandainya di putaran pertama tidak mendukung, kan bisa," kata dia.

"Jadi, pertemuan elite politik itu, termasuk Prabowo dan SBY, dan sebelumnya dengan Pak JK, itu bagian daripada ya komunikasi, lobi-lobi, silaturahmi politik, untuk menjajaki segala kemungkinan," dia menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya