Jelang Lebaran Depok, Ratusan Warga Ngubek Empang Berebut Ikan

Rangkaian awal Lebaran Depok dilakukan dengan tradisi ngubek empang atau mencari ikan di dalam kolam ikan menggunakan tangan, di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 15 Mei 2023, 15:51 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 15:50 WIB
Sejumlah warga ngubek empang atau mencari ikan di dalam kolam pada rangkaian lebaran Depok di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.
Sejumlah warga ngubek empang atau mencari ikan di dalam kolam pada rangkaian lebaran Depok di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) bersama Pemerintah Kota Depok, kembali menggelar Lebaran Depok. Rangkaian awal dilakukan dengan tradisi ngubek empang atau mencari ikan di dalam kolam ikan menggunakan tangan, di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, tradisi Lebaran Depok kembali digelar dengan sejumlah rangkaian. Kegiatan dilaksanakan pada 17 Mei hingga 20 Mei 2023, namun untuk ngubek empang dilakukan pada hari ini. Ratusan orang pun terlihat memasuki kolam atau empang untuk mencari ikan. 

"Persiapan sudah mencapai 95 persen, sekarang ngubek empang, nanti ada beli baju baru, persiapan makanan, dan andilan atau potong kebo," ujar Idris kepada Liputan6.com, Senin (15/5/2023).

Lebaran Depok memperkenalkan sebuah budaya atau tradisi masyarakat Kota Depok tempo dulu dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Kegiatan tersebut merupakan sebuah warisan budaya masyarakat Kota Depok untuk dilestarikan sehingga generasi remaja mengetahui tradisi masyarakat Depok tempo dulu.

"Nanti pada hari H-nya atau puncak acara kita bisa makan sama-sama," kata dia.

Dia menjelaskan, Lebaran Depok diharapkan dapat menarik wisatawan lokal maupun di sekitar wilayah Jabodetabek.

"Mereka datang dan melihat bagaimana Depok ini ternyata tradisinya nggak beda dengan Jabodetabek," jelas Idris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diharapkan Mampu Tarik 5 Ribu Orang

Wali Kota Depok Mohammad Idris memperlihatkan tangkapan ikan hasil ngubek empang pada rangkaian lebaran Depok, Kecamatan Bojongsari.
Wali Kota Depok Mohammad Idris memperlihatkan tangkapan ikan hasil ngubek empang pada rangkaian lebaran Depok, Kecamatan Bojongsari. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Idris berharap, Lebaran Depok tahun ini dapat menarik wisatawan hingga lima ribu orang. Selain itu, Pemerintah Kota Depok turut mengundang kementerian terkait, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah DKI Jakarta.

"Pak Gubernur masih dalam konfirmasi, PJS Gubernur DKI Jakarta juga diundang, serta Walikota Jakarta Selatan dan Timur," kata dia.

Sementara, Sekretaris KOOD Nina Suzana mengajak masyarakat untuk meramaikan Lebaran Depok yang berada di Perumahan Gardens at Candi Sawangan. Dia menyebut, akan banyak event yang ditampilkan pada kegiatan tersebut.

"Ada potong kebo Andil dan banyak kegiatan lainnya," ujar Nina.

Nina menambahkan, ada pentas seni budaya yang ditampilkan pada Lebaran Depok. Hal itu dikarenakan kegiatan tersebut merupakan pekan kebudayaan Kota Depok.

"Lebaran Depok masuk dalam calendar of event," pungkas Nina.

Infografis Penyebab Buruknya Kualitas Udara di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Penyebab Buruknya Kualitas Udara di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya