Kunjungan ke Singapura, Jokowi Akan Promosikan IKN ke Investor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana, beserta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Singapura dan Malaysia pada 7-8 Juni 2023.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 07 Jun 2023, 08:20 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023, 08:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Pembentukan Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat, 7 Oktober 2022. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana, beserta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Singapura dan Malaysia pada 7-8 Juni 2023. Jokowi akan terlebih dahulu melakukan kunjungan singkat ke Singapura untuk menghadiri Ecosperity Week 2023, Rabu (7/6/2023).

"Di Singapura, kunjungan dilakukan hanya beberapa jam saja, utamanya adalah untuk berbicara di Ecosperity Week 2023 yang diadakan oleh Temasek Foundation," kata Jokowi dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, pertemuan ini akan dihadiri oleh kalangan investor, akademisi, hingga pemerintah. Jokowi pun akan memanfaatkan pertemuan ini untuk mempromosikan investasi di berbagai bidang, salah satunya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Pertemuan ini akan dihadiri oleh banyak kalangan investor, akademisi, dan dari pemerintah. Dan saya gunakan pertemuan ini untuk mempromosikan investasi, utamanya di bidang transisi energi, infrastruktur hijau, dan juga pembangunan Ibu Kota Nusantara," jelasnya.

Setelah itu, Jokowi dan para delegasi akan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu siang untuk memenuhi undangan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim. Jokowi diagendakan melakukan pertemuan dengan PM Anwar dan Raja Malaysia Sultan Abdullah.

"Siang hari ini juga saya akan berangkat ke kuala lumpur untuk kunjungan kerja, merupakan kunjungan balasan memenuhi undangan PM Malaysia," ujar Jokowi.

"Dan selama di Malaysia, saya akan lakukan pertemuan dgn PM Malaysia Anwar Ibrahim dan juga Yang Dipertuan Agung Sultan Abdullah," sambung Jokowi.

Jokowi direncanakan akan kembali ke Indonesia pada Kamis, 8 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengusaha Singapura Berminat Jalin Kerja Sama IKN

Titik 0 IKN
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Sebelumnya, sejumlah pengusaha Singapura berminat menjalin kerja sama dan berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada sejumlah bidang, antara lain, energi hijau atau energi terbarukan.

Selain itu, kendaraan listrik, transportasi publik, ruang terbuka hijau, sekolah, dan rumah sakit menjadi bidang-bidang yang menarik minat mereka untuk bekerja sama dan berinvestasi.

"Oleh karena itu, Presiden akan ke Singapura untuk berbicara di forum pengusaha di sana pada tanggal 7 Juni mendatang," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu 31 Mei 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengajak 95 orang investor asal Singapura untuk melakukan site visit ke IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Para investor Singapura diajak melihat langsung pekerjaan konstruksi di IKN Nusantara. Mulai dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di zona 1A seperti Titik Nol Nusantara, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) hingga mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi.

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya