Ganjar Cek Lokasi Kecelakaan Kereta Brantas Vs Truk di Semarang Semalam Usai Kejadian

Ganjar menjanjikan jembatan dan rel akan dibereskan hari ini juga agar bisa segera digunakan kembali.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 19 Jul 2023, 10:22 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 10:22 WIB
Kereta vs truk
Kondisi KA Brantas masih berada di lokasi sementara truk tronton pengangkut alat berat masih dievakuasi dari dalam sungai Banjir Kanal Barat. Foto: liputan6.com/felek wahyu 

Liputan6.com, Jakarta Kecelakan kereta api Brantas tujuan Jakarta-Blitar yang menabrak sebuah truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa 18 Juli 2023 malam. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan langsung mengecek lokasi kecelakaan dan menyebut tak ada korban jiwa dari kejadian naas tersebut.

“Tadi malam saya cek lokasi kecelakaan di Madukoro, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, semua selamat termasuk masinis,” kata Ganjar dikutip dari Instagram resmi @ganjarpranowo, Rabu (19/7/2023).

Ganjar menjanjikan jembatan dan rel akan dibereskan hari ini juga agar bisa segera digunakan kembali.

"Hari ini semua akan dibereskan, jembatan dan relnya, sehingga secepat mungkin dapat digunakan kembali. Terima kasih semuanya yg sudah sigap bekerja sama,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI Daops 4 Semarang Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sembilan rangkaian kereta api terdampak kecelakaan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar. Diketahui, kereta tersebut menabrak sebuah truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023) malam.

Dikutip dari Antara, Adapun KA yang terdampak perjalanannya, antara lain KA Brantas yang terlibat dalam kecelakaan, KA Kamandaka, KA Kaligung, KA Gumarang, KA Kertajaya, KA Argo Merbabu, KA Joglosemarkerto, KA Brawijaya, serta KA Brantas dari Blitar tujuan Jakarta.

Ixfan menyebut lamanya keterlambatan bervariasi antara 4 menit hingga 87 menit. Menurut dia, evaluasi diupayakan untuk membersihkan jalur agar segera bisa dilintasi kembali.

"Evakuasi diupayakan agar jalur hulu dan hilir dapat segera lancar," kata Ixfan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Ada Korban Jiwa

Kecelakaan Kereta api
Kecelakaan kereta api yang melibatkan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar dengan sebuah truk terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam (18/7/2023) (Liputan6.com/ Dok Ist)

Adapun, Kecelakaan antara KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar menghantam truk tronton hingga terbakar di perlintasan Madukoro, Semarang, Jawa Tengah. Dalam peristiwa tersebut, dilaporkan tak ada korban jiwa.

"Korban jiwa tidak ada, ada satu penumpang yang terluka karena melompat dari kereta api," ujar Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar kepada wartawan, Selasa (18/7/2023).

Sampai saat ini, dia menambahkan, langkah yang akan dilakukan ialah melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Selain itu, juga mengevakuasi bangkai truk yang terlibat kecelakaan tersebut.

Infografis Aturan Aplikasi Transportasi
Infografis Aturan Aplikasi Transportasi (liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya