Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Jokowi: Mari Berhijrah dan Melangkah Maju

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023). Jokowi mengajak semua masyarakat untuk berhijrah dan melangkah maju.

oleh Putu Merta Surya PutraLizsa Egeham diperbarui 19 Jul 2023, 11:42 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 11:42 WIB
Ditemani Iriana dan Kaesang, Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalami jemaah salat id saat tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/6/2019). Jokowi mengenakan setelan jas abu-abu, kemeja putih serta peci hitam. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023). Jokowi mengajak semua masyarakat untuk berhijrah dan melangkah maju.

"Mari berhijrah dan melangkah maju," kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Rabu (19/7/2023).

Jokowi juga mengajak masyarakat meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Termasuk, hambatan yang menahan untuk melangkah maju.

"Meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Menanggalkan segala hambatan yang menahan kita melaju," ujarnya.

Pada 2023 ini, tahun baru Islam 1445 H 1 Muharram jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Karenanya, malam 1 Suro atau 1 Muharram terjadi pada Selasa petang-malam, 18 Juli 2023.

Di berbagai daerah, ada berbagai tradisi untuk memperingati tahun baru Islam. Pun, dengan masyarakat Jawa yang memiliki tradisi berdasar kearifan lokal. Tentu tidak semua orang bisa melakukan tradisi yang mengharuskan seseorang berada di sebuah tempat dalam jangka waktu yang lama.

Tapi, kita juga tetap bisa melakukan amalan bernilai ibadah pada malam 1 Muharram, meski tengah bepergian. Salah satu rekomendasi amalan malam 1 Suro adalah membaca surat Al-Ikhlas.

Kita akan memperoleh berbagai fadhilah atau keutamaan surat Al-Ikhlas. Kita juga akan bergelimang manfaat dengan membaca surat Al-Ikhlas. Terlebih surat ini pendek dan nyaris seluruh umat Islam hapal di luar kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekjen ASEAN Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn memberikan ucapan Tahun Baru Islam kepada para diplomat dan umat Muslim. Tahun baru Hijriyah 1445 jatuh pada tanggal 19 Juli 2023.

Ucapan selamat itu diberikan oleh Kao Kim Hourn saat memberi paparan pada Outcomes of the 56th ASEAN Foreign Ministers' Meeting/Post-Ministerial Concerences yang mana pertemuan-pertemuannya baru digelar pekan lalu. Pemaparan itu diberikan Kao Kim Hourn ke para duta besar asing dan media.

Kepada para duta besar, Kim Kao Hourns menjelaskan bahwa Tahun Baru Islam merupakan hari yang diperingati di Indonesia dan negara-negara Muslim di dunia.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi ucapan ke para anggota korps diplomatik, media, serta para staff yang merayakan Tahun Baru Islam 1445 yang sukacita ini," ujar Kao Kim Hourn di kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (18/7).

"Semoga kalian semua diberkati dengan kesehatan yang baik, kedamaian, kesejahteraan, dan kegembiraan pada setahun ke depan. Selamat tahun baru Islam," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya