HUT ke-78 RI, Jokowi: Ayo Tebak, Saya Kenakan Busana Daerah Mana?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menebak-nebak baju adat yang akan dikenakannya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2023, 04:50 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 04:50 WIB
Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton. (Foto: Agus Suparto Fotografer Pribadi Presiden)
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022. (Foto: Agus Suparto Fotografer Pribadi Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menebak-nebak baju adat yang akan dikenakannya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Setiap tahunnya Jokowi memang selalu memakai baju adat berbeda dari salah satu daerah di Indonesia.

"Ayo tebak, besok (saat Upacara HUT RI) saya akan mengenakan busana daerah mana?" kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Kamis (17/8/2023).

Pada HUT ke-77 RI tahun lalu, Presiden Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih.

Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah. Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi kain di bagian bawahnya.

"Oh ya, setahun lalu, saya menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI dengan baju Dolomani dari Sulawesi Tenggara," jelas Jokowi.

Jokowi menyampaikan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana akan dimulai lebih pagi. Selain Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri, hingga tamu undangan juga akan memakai baju adat dari daerah.

"Peserta dan undangan yang datang ke Istana akan memakai busana nasional dari daerah," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, pihak Istana mengundang 16.000 tamu undangan untuk hadir pada perayaan HUT ke-78 RI. Sebanyak 8.000 tamu untuk upacara pagi hari, dan sisanya pada upacara penurunan benderan sore hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan 76 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang akan bertugas di Istana Merdeka Jakarta pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan 76 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang akan bertugas di Istana Merdeka Jakarta pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan kenegaraan dimulai dengan acara zikir kebangsaan yang digelar pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Kemudian, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan pada tanggal 14 Agustus dan pengukuhan Paskibraka pada tanggal 15 Agustus.

"Kemudian pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD, serta pidato penyampaian RAPBN semuanya pada tanggal 16 Agustus," tutur Setya dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/8/2023).

Pada tanggal 17 Agustus, Setya Utama melanjutkan, upacara apel kehormatan dan renungan suci serta Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi akan dilakukan.

"Acara intinya adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023, didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni," ujar dia.

Lebih lanjut, Setya Utama menyampaikan bahwa ada kegiatan pendukung dalam perayaan bulan kemerdekaan. Pemerintah pun mengajak seluruh masyarakat untuk turut memeriahkan HUT ke-78 RI.

"Kami mengajak kepada saudara-saudara semua untuk hadir dan menyaksikan kemeriahan dari kirab tersebut yang mungkin di tahun-tahun sebelumnya tidak diadakan. Tadi dikoordinasi oleh Ketua II yaitu pagelaran angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), kemudian peragaan busana 'Istana Berkebaya' dan juga pertunjukan video mapping di Monas," pungkas Setya.

 

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya