Bendera Merah Putih Berhasil Diturunkan, Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Selesai

Tim Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) Indonesia Jaya berhasil menurunkan bendera sang saka merah putih di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023) sore.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2023, 17:33 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 17:30 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Bendera Merah Putih dari Paskibraka saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana, Kamis (17/8/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Bendera Merah Putih dari Paskibraka saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana, Kamis (17/8/2023). (YouTube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) Indonesia Jaya berhasil menurunkan bendera sang saka merah putih di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023) sore. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di mimbar upacara sekitar pukul 16.51 WIB. Tim Paskibraka lalu memasuki lapangan upacara untuk menurunkan bendera merah putih, yang berhasil dinaikkan pada Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana pada Kamis pagi.

Keyla Azzahra Purnama sebagai pembawa bendera Merah Putih menyerahkan bendera merah putih kepada Presiden Jokowi. Keyla merupakan Paskibraka asal Sumatera Selatan.

Dengan berhasil diturunkannya bendera merah putih, maka rangkaian peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka selesai. Tim Paskibraka yang berhasil menurunkan bendera pun mendapat tepuk tangan dari para tamu undangan.

Dalam upacara ini, Jokowi juga memberikan hadiah kepada lima orang dengan busana adat terbaik. Hadiah yang diberikan berupa sepeda dari Presiden Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Sapa Warga di Depan Istana Negara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga dan undangan yang hadir sebelum Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana, Kamis (17/8/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga dan undangan yang hadir sebelum Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana, Kamis (17/8/2023). (YouTube Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi rebutan tamu undangan untuk berfoto bersama ataupun selfie. Jelang upacara, Jokowi memang menyempatkan untuk menyapa para tamu undangan.

Alhasil, para tamu undangan berebut untuk mengabadikan momen tersebut. Tak sedikit pula yang meminta berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pengamatan Liputan6.com, Jokowi sudah tak lagi mengenakan baju adat seperti di upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Kamis (17/8/2023) sore ini, dia mengenakan kemeja biru tua dan celana warna senada, kemeja putih, juga dasi merah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya