Ketum PSI Kaesang Pangarep Ungkap Jokowi Adalah Inspirasinya Masuk Politik

Dalam pidatonya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan alasannya terjun ke dunia politik.

oleh Mevi LinawatiNanda Perdana Putra diperbarui 25 Sep 2023, 20:32 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2023, 20:32 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan layar Youtube PSI)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan alasannya terjun ke dunia politik. Kaesang Pangarep mengatakan, sang ayah yakni Joko Widodo atau Jokowi adalah sosok inspirasinya terjun politik.

"Saya masuk politik itu, salah satu inspirasinya ya bapak saya sendiri," kata Kaesang dalam pidato ketua umum di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Pernyataan Kaesang disambut teriakan kader PSI dan relawan Jokowi yang hadir dalam acara ‘Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI.

"Jokowi Jokowi Jokowi." Kaesang yang tersenyum mengatakan, kalau terus mengatakan yel yel, maka dia tak bisa melanjutkan pidatonya.

Putra bunga Jokowi ini mengatakan, sang ayah adalah sosok yang dia cintai dan hormati sehingga ingin mengikuti jejaknya yakni berpolitik untuk kebaikan.

"Kepada bapak, saya ingin menyampaikan, izin saya mau menempuh jalan saya pak, semoga gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini," kata Kaesang.

Dia mengatakan, yang patut dan harus dicontoh dari Jokowi adalah sosoknya yang tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat.

"Obat capek adalah salaman dengan masyarakat, vitamin lelah adalah kebahagian dengan masyarakat yang mereka temui dan boosternya adalah ketika beliau memutuskan kebijakan yang tepat kepada masyarakat Indonesia," kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketua Umum PSI

Kaesang Pangarep dan PSI
Kaesang Pangarep mengaku mengabari Gibran Rakabuming Raka soal keputusan masuk PSI lewat pesan WhatsApp. Namun, pesan tersebut tak dibalas. (Foto: Dok. Instagram @gracenat)

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, ditunjuk jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketum PSI meski belum ada seminggu menjadi kader partai tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, dalam Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023), menanyakan soal siapa pengganti Giring Ganesha ke para kader yang hadir.

"Siapakah yang akan menjadi ketua umum selanjutnya?"

"Kaesaang," jawab para kader.

"Siapa bro dan sis?" tanya Grace.

"Teriakkan namanya." kata dia.

"Kaesaaang," teriak para kader.

Pada saat pengumuman ini, seluruh anggota DPW PSI berdiri di atas panggung.

Kemudian sebuah video diputar. Video itu menampilkan lukisan bunga mawar yang kemudian terangkai puzzle foto Kaesang dengan tulisan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI.

"Memutuskan, menetapkan, satu pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai ketua umum dewan pengurus pusat Partai Solidaritas Indonesia," kata Grace.

Sebelumnya, Giring Ganesha menyatakan telah merekomendasikan nama Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI menggantikannya.

“Mungkin bagi banyak elite politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektivitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama,” kata Giring dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

Giring menyebut keinginan Kaesang menjadi Ketum PSI juga atas dorongan dari semua kader PSI.

“Karenanya sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah. Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang. Itu aspirasi semua kader di PSI,” kata dia.

Meski tak lazim kursi Ketum berganti, namun menurut Giring pemilihan Kaesang adalah bagian strategi PSI.

“Mungkin tidak lazim, ditengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu, struktur itu soal bagaimana kita mencapai tujuan bersama, bisa rombak sesuai kebutuhan strategi partai. Jadi selalu relevan dengan semangat zaman,” kata dia.

Infografis Respons PDIP Usai Kaesang Pangarep Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Respons PDIP Usai Kaesang Pangarep Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya