Hari Bhakti Imigrasi, Lima Inovasi Diluncurkan untuk Dorong Digitalisasi Pelayanan

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Kota Tangerang, Rakha Sukma Purnama, digitalisasi bakal dilakukan lebih massif lagi untuk tahun ini. Sebab, untuk meminimalisir pertemuan atau tatap muka antara petugas dan pemohon.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 26 Jan 2024, 15:51 WIB
Diterbitkan 26 Jan 2024, 12:13 WIB
Imigrasi
Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang meluncurkan 5 aplikasi untuk pelayanan warga pada peringatan Har Bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024 yang mengusung tema “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi", Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, luncurkan 5 aplikasi untuk pelayanan warga.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Kota Tangerang, Rakha Sukma Purnama, digitalisasi bakal dilakukan lebih massif lagi untuk tahun ini. Sebab, untuk meminimalisir pertemuan atau tatap muka antara petugas dan pemohon.

“Karena pelayanan-pelayanan kami itu akan diminimalisir lagi pertemuan tatap muka antara petugas dengan pemohon, ini akan terus dikembangkan untuk permudah pelayanan melalui digitalisasi,”tutur Rakha dikutip Jumat (26/1/2024).

Sementara, dalam peningkatan digitalisasi ini, Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang meluncurkan lima inovasi baru untuk membantu proses layanan dan kearsipan. Diantaranya, Aplikasi RAMPAS (Rak Penyimpanan Paspor) untuk mempermudah pencarian pada paspor yang telah selesai secara digital dan terkomputerisasi.

Lalu, IMTA (Imigrasi Melayani Tanpa Datang), ENO (Early Notifocation) yakni memberikan pengingat kepada pemohon terkait dengan layanan M-paspor, Poyani Ramah (BAP Online Layanan Publik Berbasis Ramah HAM) dan Fitur Chatbot.

Sementara, dalam Hari Bhakti Imigrasi ke -74 juga, sebanyak 10 pemohon paspor juga diberikan pelayanan gratis. Mereka adalah yang berulang tahun pada 26 Januari dan juga memiliki unsur nama yang ada keimigrasiannya.

"Kami berikan beberapa layanan khusus, seperti pemberian paspor gratis dengan kriteria tertentu. Salah satunya, berulang tahun atau lahir di tanggal 26 Januari yang mana, pada tanggal itu pun merupakan hari imigrasi. Kalau namanya ada unsur keimigrasian juga mendapatkan paspor gratis ini,”katanya.


Gelar Kegiatan Donor Darah

Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-74, jajaran imigrasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel) menggelar donor darah.

Sebanyak 30 kantong darah disumbangkan petugas kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang dan PMI Belitung.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan pada dua titik, yakni Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang dan kantor PMI Belitung.

Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin menuturkan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian jajaran Keimigrasian Kemenkumham Babel untuk masyarakat yang membutuhkan darah.

Doni berterima kasih kepada tim PMI Pangkalpinang dan PMI Belitung yang telah membantu memfasilitasi pelaksanaan donor darah ini.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh pegawai yang sukarela menyumbangkan darahnya demi memberikan manfaat kepada sesama manusia,” ujar Doni, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/01/2024).

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto juga turut mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh jajaran Imigrasi Kemenkumham Babel.

Harun juga menerangkan jika pegawai yang mendonorkan darahnya harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan HB darah, tekanan darah, serta observasi kesehatan oleh tenaga kesehatan.

“Semoga darah yang disumbangkan oleh jajaran pegawai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Bangka Belitung,” ucap Harun.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya