Pemkot Pasuruan Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045, Ini Harapan Gus Ipul

Pemerintah Kota Pasuruan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD), Selasa (2/4/2024).

oleh Fachri pada 03 Apr 2024, 14:35 WIB
Diperbarui 03 Apr 2024, 14:33 WIB
Gus Ipul.
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Pasuruan Dalam rangka membuat rencana pembangunan Kota Pasuruan untuk 20 tahun ke depan, Pemerintah Kota Pasuruan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD), Selasa (2/4/2024).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang kerap disapa Gus Ipul mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bafian dari upaya memberikan legacy bagi Kota Pasuruan selama masa kepemimpinannya.

"Merancang RPJPD membutuhkan proses yang panjang dengan mengakomodasi pendapat dan usulan berbagai kalangan dan itu harus merujuk pada arah pembangunan nasional dan provinsi," katanya.

"Mewujudkan Kota Pasuruan maju, harmoni, dan berkelanjutan tahun 2045 merupakan sumbangsih menuju Indonesia emas 2045," jelas Gus Ipul.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 tegak lurus dengan cita-cita nasional dan provinsi Jawa Timur. Gus Ipul menyebut, pemkot harus adaptif dan mampu menjawab tantangan serta dinamika pembangunan 20 tahun ke depan.

"Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana melibatkan kalangan anak muda dalam pembangunan, karena kalangan milenial dan Gen Z merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan pada 2045 mendatang," ungkap Gus Ipul.

"Harus diadaptasi oleh semua perangkat daerah. libatkan anak muda, dan ajak mereka untuk memberikan warna dalam pembangunan," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi Pedoman

Gus Ipul.
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul saat Musrenbang RPJMND Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)

Gus Ipul mengungkapkan bahwa RPJPD harus menjadi pedoman bagi Wali Kota Pasuruan di masa mendatang dalam melaksanakan program pembangunan.

"RPJPD ini akan menjadi pedoman, siapa pun Wali Kota-nya dalam setiap periode hingga 2045, karena memimpin Kota Pasuruan yang tantangannya tinggi harus mau berkorban," ungkapnya.

"Semoga pelaksanaan Musrenbang di bulan Ramadan ini mendapat keberkahan dalam upaya mendukung mewujudkan Indonesia emas di Kota Pasuruan. Mari kita sama-sama perbaiki kekurangan, dan ke depan pembangunan lebih fokus untuk memajukan kota dan menyejahterakan masyarakat," jelas Gus Ipul.

Sebagai informasi, Musrenbang bertujuan membahas rancangan RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD. Musrenbang Kota Pasuruan pun diikuti oleh Forkopimda, jajaran perangkat daerah, tokoh masyarakat, akademisi, asosiasi usaha, dan perwakilan berbagai kelompok masyarakat serta pemangku kepentingan.

Dalam 20 tahun ke depan, visi Kota Pasuruan adalah SDM unggul mencapai generasi emas, kemiskinan tuntas dan ketimpangan ditekan, mewujudkan birokrasi kelas dunia, ekonomi progresif dan pendapatan perkapita meningkat, serta infrastruktur mantap dan lingkungan lestari.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya