Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-78 Bhayangkara Polri

Ada sebanyak 13 batalyon yang turut serta menjadi pasukan upacara HUT ke-78 Bhayangkara, yang terdiri dari seluruh bagian dan jajaran dari tubuh Polri.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 01 Jul 2024, 16:05 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 16:00 WIB
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara Polri di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara Polri di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). (foto: tangkapan layar Youtube Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara Polri. Acara tersebut digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Wapres Maruf Amin beserta istrinya. Berdiri disamping Jokowi ada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pantauan Liputan6.com, Senin (1/7/2024), prosesi upacara HUT ke-78 Bhayangkara Polri dilangsungkan mulai pukul 15.00 WIB. Peserta upacara yang terdiri dari pejabat tinggi negara mulai hadir menempati tribun VIP yang telah disiapkan.

Ada sebanyak 13 batalyon yang turut serta menjadi pasukan upacara, yang terdiri dari seluruh bagian dan jajaran dari tubuh Polri. Acara diawali dengan informasi keikutsertaan mereka dalam apel HUT ke-78 Bhayangkara.

Pintu masuk Monas yang disiapkan untuk jalur VIP pun terpantau dijaga ketat. Hanya pemilik ID tertentu yang diperbolehkan masuk dalam upacara tersebut.

Lalu lintas sekitaran Monas pun terpantau padat cenderung macet. Petugas lalu lintas sibuk mengurai pengendara dan masyarakat yang antusias hadir dalam HUT ke-78 Bhayangkara di sana.

Sebelumnya, Polri mengajak seluruh masyarakat untuk menghadiri puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada Senin, 1 Juli 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut akan ada Pesta Rakyat Hari Bhayangkara yang diramaikan sejumlah artis Tanah Air.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, Polri telah menyiapkan booth makanan dan minuman secara gratis dari 150 UMKM. Sebab itu, masyarakat tidak akan sulit untuk mencari makanan dan minuman saat menghadiri acara tersebut.

"Mari datang ke acara Pesta Rakyat dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara di Lapangan Monas pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Acara ini gratis, makanan dan minuman yang disediakan oleh 150 UMKM juga gratis," tutur Trunoyudo kepada wartawan, Minggu (30/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Parade Defile hingga Terjun Payung

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara Polri di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara Polri di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). (foto: tangkapan layar Youtube Liputan6.com)

Trunoyudo menyebut, sebelum acara hiburan pesta rakyat, akan ada rangkaian acara formal seperti upacara dan parade defile dan pertunjukan marching band Akademi Kepolisian serta terjun payung untuk memperingati HUT ke-78 Bhayangkara.

Rencananya, dalam upacara tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2024, Prabowo Subiyanto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Diharapkan dengan tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas yang diusung dalam memperingati Hari Bhayangkara, Polri semakin dicintai masyarakat. Untuk itu dengan digelarnya pesta rakyat di Lapangan Monas pada Senin besok, Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat," jelas dia.

"Kami imbau masyarakat datang dan mengikuti acara dengan tertib, selamat menikmati acara puncak Pesta Rakyat Hari Bhayangkara besok," tutup Trunoyudo.

 

Infografis 5 Poin Krusial Revisi UU Polri
Infografis 5 Poin Krusial Revisi UU Polri (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya