Tol Cibitung-Cilincing Tersambung Penuh Jaringan JORR 2, Arus Logistik Makin Lancar

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat mengatakan, peresmian menjadi tanda keseluruhan Jakarta Outer Ring Road (JORR-2) dari Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) di ujung barat hingga kawasan Cilincing

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Jul 2024, 05:05 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 05:05 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC).
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC). (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) Group melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP Tollways) pada 9 Juli 2024.

Usai diresmikan, secara otomatis jalan tol tersebut telah tersambung penuh dengan lima ruas jalan tol dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Menanggapi hal itu, Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat mengatakan, peresmian menjadi tanda   keseluruhan Jakarta Outer Ring Road (JORR-2) dari Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) di ujung barat hingga kawasan Cilincing (Pelabuhan Tanjung Priok) telah tersambung.

Maka dapat dipastikan, pergerakan orang dan barang, terutama untuk kendaraan berat pengangkut logistik kini semakin mudah. 

"Kendaraan logistik dari kawasan barat yang selama ini melewati rute padat kini dapat melalui JTCC, langsung menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini tentunya memperlancar arus logistik dan mobilitas masyarakat," kata Kiki melalui siaran pers diterima, Jumat (12/7/2024). 

Kiki berharap, beroperasinya JORR 2 secara penuh juga akan mengurangi kemacetan, mempercepat waktu tempuh, dan memberikan alternatif rute yang lebih banyak bagi pengguna jalan. 

"Hal ini tentunya memberikan dampak positif terhadap aktivitas logistik dan distribusi barang di kawasan ini, serta mendukung pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional," yakin Kiki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fasilitasi Kendaraan Logistik

Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC).
Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC). (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono mengatakan, JTCC siap menampung arus kendaraan dari selatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan orang dan barang, termasuk kendaraan logistik dari dan menuju pelabuhan. 

"Yang paling dekat adalah dari Kawasan Industri MM2100 Cibitung melalui Simpang Susun Setu Utara Cimaci," tambah Ari.

Sebagai informasi, data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Jalan Tol JORR 2 mencapai 111 kilometer dan terdiri dari enam ruas tol, yaitu Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing.

Penyelesaian JTCC menandai penyempurnaan struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, yang sebelumnya telah memiliki Tol Lingkar Dalam Kota dan Tol JORR 1, sehingga menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dan efisien.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya