250 Delegasi Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali, Bahas Masalah Dunia

Sebanyak 250 delegasi anak muda dari 16 negara mengikuti kegiatan Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali pada 12-15 Juli 2024.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 17 Jul 2024, 10:19 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 10:19 WIB
250 Delegasi Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali, Pariwisata Bali Jadi Topik Bahasan
Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali pada 12-15 Juli 2024. (Foto: Rofiqi Hasan)

Liputan6.com, Badung Sebanyak 250 delegasi anak muda dari 16 negara telah mengikuti kegiatan Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII di Nusa Dua, Bali pada 12-15 Juli 2024. Acara yang diinisiasi oleh International Global Network (IGN) ini mengusung tema “The Interplay of Development: Globalization And Localization”. Sejumlah isu penting dunia jadi pokok pembahasan, mulai dari pendidikan, kesehatan, budaya hingga pariwisata.

“Event ini bertujuan untuk mengkoneksikan anak-anak muda dari berbagai negara untuk mengenal lebih jauh tentang bagaimana simulasi sidang PBB dilaksanakan,” kata Muhammad Fachrizal, Founder & CEO IGN, Minggu (14/7/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bahas Masalah Dunia, Ratusan Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali
Perwakilan delegasi Indonesia (kiri) dan India pada penutupan Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali, Minggu (14/7/2024).(Foto: Rofiqi Hasan)

Fachriza menerangkan para delegasi berdiskusi dan berdiplomasi untuk memecahkan masalah-masalah internasional yang sedang hangat seperti nasib pendidikan dan kesehatan anak-anak korban perang di Palestina dan masalah pelestarian kebudayaan. Kemudian ada juga topik tentang pariwisata berkelanjutan yang sangat kontekstual dengan kondisi Bali sebagai destinasi wisata dunia. 

“Kita harapkan anak-anak muda menjadi lebih aware kepada problem-problem dunia dan ikut memikirkan resolusi yang terbaik sehingga mereka akan siap saat menjadi pemimpin bangsa,” tegasnya.


Tahun Depan IGN Targetkan 1000 Peserta

Bahas Masalah Dunia, Ratusan Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali
Peserta dari Tunisia bersama konsul kehormatan Tunisia di Bali Popo Danes pada acara penutupan Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali, Minggu (14/7/2024). (Foto: Rofiqi Hasan)

Setiap tahunya, IGN menggelar sekitar 6 acara seperti ini di negara-negara yang berbeda dan dengan tema yang disesuaikan dengan topik paling aktual. Tahun depan, akan ada juga acara di Bali yang ditargetkan diikuti lebih dari 1.000 peserta.

Untuk mengikuti acara ini peserta harus mendaftar di web IGN dengan mengirimkan sejumlah persyaratan, termasuk motivation letter. Pihak IGN kemudian akan melakukan seleksi untuk memastikan bahwa peserta akan mampu mengikuti acara dengan program yang sangat ketat itu.

 

Bahas Masalah Dunia, Ratusan Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali
Perwakilan delegasi Indonesia pada acara penutupan Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali, Minggu (14/7/2024). (Foto: Rofiqi Hasan)

Dukungan Layanan Telkomsel

Fahrizal secara khusus menyampaikan terima kasih kepada pihak Telkomsel karena sudah memberi dukungan dengan memberikan bantuan kepada anak anak berprestasi untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Ada beasiswa Telkomsel kepada 22 peserta Indonesia dalam acara tersebut.

“Kami berharap partisipasi mereka akan memberikan dampak positif agar kaum muda mengeksplorasi potensinya dan menciptakan solusi inovatif atas problem-problem internasional,” kata Hersetyo Pramono, General Manager Region Network Operations and Productivity Bali Nusra.

Bahas Masalah Dunia, Ratusan Anak Muda dari 16 Negara Ikuti Simulasi Sidang PBB di Bali
Para peserta Asia World Model United Nations (AWMUN) VIII dii Nusa Dua, Bali berjoget bersama pada acara Penutupan, Minggu (14/7/2024). (Foto: Rofiqi Hasan)

Untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang baik, Telkomsel telah menjamin ketersediaan beragam produk dan layanan digital unggulan untuk menunjang pengalaman digital para delegasi dengan menyiapkan pusat layanan pelanggan seperti booth di kedatangan internasional, Registration Venue Bali Paragon Hotel, dan lokasi acara utama di BNDCC.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan layanan Embedded Subscriber Identity Module eSIM Prabayar Tourist untuk para delegasi guna memberikan pengalaman digital yang seamless, mudah, dan praktis dalam mengakses seluruh jaringan Telkomsel tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya