Buka Pendaftaran Calon Taruna, Kemenkumham: Seleksi Ini Bersih Tanpa Pungli

Supartono mengingatkan kepada seluruh peserta seleksi untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak terpengaruh oleh informasi negatif yang berkeliaran.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 22 Jul 2024, 05:26 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 05:26 WIB
Kemenkumham
Kementerian Hukum dan HAM membuka seleksi penerimaan pegawai dan sekolah kedinasan yang merupakan agenda rutin tahunan. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali membuka seleksi penerimaan Calon Taruna/i (Catar) Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tahun Anggaran 2024.

Seleksi penerimaan pegawai dan sekolah kedinasan ini menjadi agenda rutin Kemenkumham setiap tahun, yang dilaksanakan dengan menjunjung nilai bersih dan transparan, tanpa pungli.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal, Supartono menjelaskan, Kemenkumham selalu mengedepankan transparansi dan menanamkannya ke seluruh insan pengayoman.

"Seluruh catar Poltekim dan Poltekip yang lolos administrasi dan mengikuti tahap SKD, saya harap menjadi calon-calon unggul dan terbaik dengan terus menjalankan semua tahapan secara jujur," ujarnya di kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Catar Kemenkumham di BKN Pusat, Minggu (21/7/2024).

Supartono mengingatkan kepada seluruh peserta seleksi untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak terpengaruh oleh informasi negatif yang berkeliaran.

"Saya minta agar adik-adik konsentrasi dalam mengerjakan soal tes, berdoa dan fokus pada tujuan, yaitu menjadi taruna/i Kemenkumham, percaya diri," imbuhnya.

Menurutnya, langkah untuk bergabung dengan Kemenkumham masih terbuka lebar hingga ke tahap wawancara nanti. Ia pun meminta agar peserta menggunakan kesempatan dengan bijak.

"Manfaatkan waktu secara bijak, semoga adik-adik dapat nilai maksimal dan menjadi bagian dari keluarga Kemenkumham," ucap Supartono.

Hal senada diungkapkan Kepala Biro SDM, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R Andika Prasetya. Ia menekankan seleksi ini diselenggarakan secara terbuka, bersih dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

"Jangan terpengaruh oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kelulusan, seleksi ini bersih tanpa pungli," tegasnya.

Andika juga berterima kasih kepada para peserta atas kepercayaannya memilih sekolah kedinasan Kemenkumham untuk meneruskan pendidikan.

"Terima kasih atas kepercayaan kalian kepada Kemenkumham, yang dengan bangga ingin bergabung dengan kementerian yang luar biasa ini," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seleksi Gunakan ABR

Diketahui, pelaksanaan seleksi penerimaan Catar sekolah kedinasan Kemenkumham menggunakan ABR (Aplikasi Bersih Rekrutmen) sebagai alat bantu pendukung dalam tahapan seleksi untuk mengidentifikasi perjokian.

ABR merupakan hasil inovasi Reza Adityas Ananda Biro SDM Sekretariat Jenderal Kemenkumham pada tahun 2023, yang dikembangkan secara mandiri dengan semangat menciptakan proses rekruitmen bersih, transparan dan menghindari praktik kecurangan peserta.

Keunggulan ABR, yaitu dapat mendeteksi joki pada seleksi penerimaan pegawai yang telah dibuktikan dengan tertangkapnya 11 joki pada Tahun 2023 di empat wilayah seleksi. Dengan hadirnya ABR, diharapkan proses penerimaan pegawai dan sekolah kedinasan menjadi lebih transparan, objektif dan bersih dari praktik kecurangan.

 

 

Infografis Aturan Baru Seragam Sekolah
Infografis Aturan Baru Seragam Sekolah.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya