Kapolri Listyo Sigit Prabowo Mutasi 6 Kapolda, Ini Daftarnya

Salah satu Kapolda yang dimutasi adalah Irjen Ahmad Luthfi. Kapolda Jawa Tengah itu dimutasi menjadi Pati Itwasum Polri untuk penugasan di Kemendag.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 27 Jul 2024, 16:58 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 16:22 WIB
Kapolri Umumkan Mutasi 25 Polisi Terkait Kasus Brigadir J
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal mengeluarkan TR khusus untuk memutasi sejumlah polisi yang diduga melanggar kode etik terkait penanganan kasus tewasnya Brigadir J. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di tubuh Polri. Setidaknya ada 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) yang terkena mutasi jabatan. Enam di antaranya adalah jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Adapun mutasi para perwira ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh As-SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo pada Jumat 26 Juli 2024.

Enam perwira tinggi yang dipromosikan menjadi Kapolda antara lain Irjen Hendro Pandowo dengan jabatan lama Sahli Sosbud Kapolri. Mantan Wakapolda Metro Jaya ini diangkat sebagai Kapolda Bangka Belitung (Babel).

Hendro Pandowo menggantikan posisi Irjen Tornagogo Sihombing yang akan mendapatkan penugasan di luar struktur Polri.

Kemudian, Irjen Eddy Sumitro Tambunan. Koorsahli Kapolri ini akan menduduki jabatan Kapolda Maluku. Dia menggantikan Irjen Lotharia Latif yang akan mengemban tugas di luar struktur.

Kemudian Brigjen Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Karobinkar SSDM Polri. Dia dipromosikan menjadi Kapolda Jawa Tengah (Jateng) menggantikan Irjen Ahmad Lutfi yang mendapat penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapolda Kaltara hingga Bengkulu

Sementara itu, jabatan Kapolda Kalimantan Utara diserahkan dari Irjen Daniel Aditya Jaya kepada Irjen Hari Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

Sementara Irjen Daniel akan mengisi jabatan sebagai Kapolda Bali untuk menggantikan Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki masa pensiun.

Promosi juga diberikan kepada Brigjen Anwar yang sebelumnya menjabat Karowatpres SSDM Polri kini dipercaya menjadi Kapolda Bengkulu menggantikan Irjen Armed Wijaya yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidum Bareskrim Polri.

 


Alasan Mutasi 6 Kapolda

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan adanya mutasi dan rotasi di tubuh Polri. Menurutnya, hal ini sudah biasa di lingkungan Korps Bhayangkara untuk meningkatkan kinerja anggota.

"Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7/2024).

Infografis Janji Kapolri Usai Rentetan Tagar di Medsos. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Janji Kapolri Usai Rentetan Tagar di Medsos. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya