BSN Bakal Gelar Festival Inftastruktur Mutu Nasional 2024, Perkuat Daya Saing

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Azwar Anas yang akan membuka festival ini.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 07 Agu 2024, 09:07 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 09:07 WIB
Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) bakal menggelar Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2024 (Tim Humas BSN)
Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) bakal menggelar Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2024 (Tim Humas BSN)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) bakal menggelar Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2024. Acara yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder di bidang standardisasi, metrologi, dan penilaian kesesuaian tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2024 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

“Festival ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Metrologi Dunia (20 Mei), Hari Keamanan Pangan Dunia (7 Juni), dan Hari Akreditasi Dunia (9 Juni) dengan mengusung tema “Penguatan Infrastruktur Mutu untuk Mendukung Peningkatan Daya Saing Nasional,” yang selaras dengan tema HUT RI tahun ini Nusantara Baru Indonesia Maju,” kata Kepala BSN, Kukuh S. Achmad, melalui siaran pers diterima, Rabu (7/8/2024).

Kukuh menjelaskan, acara utama dari festival tersebut Temu Nasional yang berisikan 2000 peserta dari laboratorium, lembaga inspeksi, lembaga sertifikasi, lembaga uji profisiensi, produsen bahan acuan, lembaga validasi dan verifikasi, perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah, serta asosiasi industri dan pelaku usaha.

“Dalam Temu Nasional ini, akan dibahas pengembangan infrastruktur mutu nasional untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (2025-2029) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (2025-2045),” ujar Kukuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pakar

Kukuh menambahkan, acara juga akan menghadirkan dua pakar dari luar negeri: Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) dari Jerman dan SAMR-CQC (State Administration of Market Regulation – China Quality Certification) dari Tiongkok.

“Mereka dihadirkan dalam rangka berbagi ilmu praktik terbaik dalam infrastruktur mutu,” imbuh Kukuh.

Kukuh pun berharap, Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2024 mampu menjadi momentum penting dalam meningkatkan daya saing nasional dan memperkuat komitmen terhadap kualitas di seluruh sektor di Indonesia.

Sebagai informasi, festival juga akan mencakup temu lembaga penilaian kesesuaian se-Indonesia, lokakarya, pelatihan, talkshow, dan expo.

Expo terkait akan menampilkan berbagai layanan dari lembaga penilaian kesesuaian, termasuk sertifikasi produk, pengujian, kalibrasi, sertifikasi manajemen, peralatan laboratorium, dan produk UMKM binaan BSN, serta layanan konsultasi gratis untuk sertifikasi SNI, TKDN, POSTEL, Halal, Merek, dan E-Katalog LKPP.


Dibuka Menpan RB

Rencananya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Azwar Anas yang akan membuka festival ini. Selain itu, akan ada penandatanganan kerja sama antara BSN dan KAN dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertahanan, BRIN, Universitas Pertahanan (UNHAN), dan IDSTB (Indonesia Software Testing Board).

Perlu diketahui bahwa saat ini peringkat Indonesia dalam Global Quality Infrastructure Index 2023 menduduki peringkat 27 dari 185 negara, tertinggi di kawasan ASEAN. Melalui acara ini, BSN berharap publik semakin menyadari dan menghargai pentingnya standar, metrologi, dan akreditasi dalam mendukung kemajuan Indonesia.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya