Damkar Sebut Kebakaran di Manggarai Butuh Waktu 15 Jam untuk Padamkan Api

Insiden kebakaran menghanguskan pemukiman padat penduduk Jalan Remaja 5, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan akhirnya selesai, Selasa (13/8/2024) malam.

oleh Tim News diperbarui 13 Agu 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 22:00 WIB
Kebakaran Manggarai
Hingga saat ini, proses pemadaman masih berlangsung. Namun belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Insiden kebakaran menghanguskan pemukiman padat penduduk Jalan Remaja 5, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan akhirnya selesai, Selasa (13/8/2024) malam.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda mengatakan proses pemadaman berlangsung kurang lebih 15 jam sejak api dilaporkan pukul 02.44 WIB dan dinyatakan selesai sekira pukul 18.40 WIB.

"Hambatan akses masuk TKP sangat sulit, harus mendobrak tembok Infinia Park," kata Huda dalam keteranganya, Selasa (13/8/2024).

Proses pemadaman berhasil dilakukan setelah total 36 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 126 personel dikerahkan ke lokasi untuk menjinakan si jago merah.

Sementara untuk penyebab api, berdasarkan keterangan dari saksi yang merupakan Ketua RT 02 RW 06, diduga berasal dari pengisi daya ponsel di salah satu rumah warga.

"Handphone lagi di-charge kemudian meledak menyambar tempat tidur," kata Huda.

Sementara, Huda mengatakan bahwa pemilik rumah saat itu sempat berusaha untuk memadamkan api secara mandiri. Namun, api membesar dengan cepat sampai melahap rumah.

Ketika itu, warga sekitar telah berusaha mendobrak rumah tersebut dan membantu memadamkan api. Namun sayangnya kobaran si jago merah tak kunjung bisa dipadamkan.

"Namun api tidak bisa dipadamkan dan warga segera melaporkan ke pos Manggarai," ucap Huda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebakaran Hebat Hanguskan Harapan Warga Manggarai Rayakan HUT ke-79 RI

Peringatan HUT ke-79 RI tinggal menghitung hari saja. Semestinya moment peringatan tersebut menjadi momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Namun tidak bagi warga di Gang Remaja 5 Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Mereka mau tidak mau harus mengurungkan niatnya setelah insiden kebakaran yang menimpa pada Selasa (13/8) pukul 2.42 WIB dini hari tadi.

Segala macam bentuk persiapan lomba sudah direncanakan sebagai bentuk perayaan HUT Kemerdekaan RI musnah terbakar.

"Sudah hampir 90 persen, tinggal puncaknya 17'an deh," kata Sukiman Ketua RT 02 RW 06 kepada merdeka.com di lokasi kejadian.

Namun puncak perlombaan, rangkaian acara memang sudah dilaksanakan terlebih dahulu seperti catur, tenis meja, jalan sehat, dan lain sebagainya. Sedangkan puncak acaranya disimpan pada saat 17 Agustus nanti. Tapi semua lenyap ketika si jago merah melahap semua persiapan yang ada.

"Pas kebakaran akhirnya tertunda semua. Kan panggung serba gunanya kebakar," kata Sukiman sambil sedikit tertawa.

 


Hanya Bisa Pasrah

Namun rasa kekecewaan masih terlihat jelas di raut wajahnya sambil meratapi rumah dia beserta warganya yang hangus akibat kebakaran Manggarai.

Satu opsi yang tersisa hanya tinggal melaksanakan upacara peringatan HUT RI tanpa diadakan lomba sama sekali. Bahkan para pemenang dari rangkaian acara yang sudah dilaksanakan terancam gugur.

'Itu sudah terlaksana dan ada juara. Namanya musibah kita enggak ada yang tahu," tutur dia.

"Yang penting kita semua pada sehat, selamat dari RT 1 sampai 15, yang penting ada perhatian dari pemerintah buat warga yang kebakaran," imbuhnya.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya