Lindungi Lingkungan Pesisir, Pertamina Trans Kontinental Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Bali

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pengembangan konservasi untuk melindungi lingkungan pesisir melalui Green Mangrove Action Program (Green MAP) di Tuwed Mangrove Park, Bali pada Senin pagi 19 Agustus 2024.

oleh Tim News diperbarui 23 Agu 2024, 02:09 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2024, 17:15 WIB
PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pengembangan konservasi untuk melindungi lingkungan pesisir melalui Green Mangrove Action Program (Green MAP) di Tuwed Mangrove Park, Bali pada Senin pagi 19 Agustus 2024.
PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pengembangan konservasi untuk melindungi lingkungan pesisir melalui Green Mangrove Action Program (Green MAP) di Tuwed Mangrove Park, Bali pada Senin pagi 19 Agustus 2024. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pengembangan konservasi untuk melindungi lingkungan pesisir melalui Green Mangrove Action Program (Green MAP) di Tuwed Mangrove Park, Bali pada Senin pagi 19 Agustus 2024.

Peresmian program dilakukan di Tuwed Mangrove Park dihadiri oleh Direktur Utama PTK I Ketut Laba, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa, VP Technical Fleet Management PT Pertamina International Shipping (PIS) I Gusti Ngurah Handiyana, Sales Area Manager Bali PT Patra Niaga Endo Eko Satriyo, serta jajaran Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat Jembrana.

Direktur Utama PTK I Ketut Laba menjelaskan, Green MAP merupakan salah satu program flagship Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PTK untuk pelestarian lingkungan di wilayah pesisir.

"Program ini terdiri dari edukasi peran blue carbon kepada kelompok Tani Lindu Segara Tanjung Pasir Binaan PTK, pembangunan rumah pembibitan berkapasitas hingga 8.000 bibit, dan penanaman 5.500 mangrove," ujar I Ketut Laba, melalui keterangan tertulis, Kamis (22/8/2024).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa TJSL menjadi bagian penting bagi PTK dalam menjalankan bisnis, termasuk di dalamnya pelestarian lingkungan hidup kawasan pesisir, yang diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat seperti penurunan emisi karbon, menjaga iklim, dan peningkatan biodiversity.

"Keberhasilan sebuah perusahaan tidak hanya diukur dari keuntungan yang dihasilkan, tetapi juga dari dampak positif yang dapat diberikan kepada masyarakat dan lingkungan," ucap dia.

"Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menerapkan dan meningkatkan program TJSL yang tidak saja mendukung pertumbuhan perusahaan tetapi juga berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di masa yang akan datang," tandas I Ketut Laba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sampaikan Terima Kasih

Mangrove
Penanaman 20 ribu bibit mangrove di Mamuju (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Sementara itu, VP Technical Fleet Management PIS I Gusti Ngurah Handiyana menyampaikan apresiasi kepada PTK sebagai bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Karena program Green MAP sejalan dengan program TJSL BerSEAnergi untuk Laut untuk menjaga laut dan pesisir," jelas I Gusti Ngurah Handiyana.

Kemudian, Kepala DLH Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menyampaikan terima kasih atas program yang dilaksanakan di wilayahnya.

"Untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan keanekaragaman hayati diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Kami harap program pengembangan lingkungan dari perusahaan-perusahaan seperti PTK terus berlanjut," ucap dia.

"Kami percaya bahwa dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, kita dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan komunitas sekitar," jelas Gede Ary.

Penanaman 5.500 mangrove dipilih dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 55 PTK di tanggal 9 September. Program Green MAP ini diharapkan memberikan multiplyer effect bagi masyarakat dan lingkungan pesisir, termasuk penyerapan dan penyimpanan karbon jangka panjang, yang membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya