Lepas Kontingen ke PON XXI, Nana Sudjana: Jateng Bidik Minimal 50 Medali Emas dan Target 3 Besar

Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Tengah, Nana Sudajana melepas 1.141 kontingen Jateng yang akan bertanding pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut) pada 8 -20 September 2024.

oleh Fachri pada 25 Agu 2024, 11:03 WIB
Diperbarui 25 Agu 2024, 11:51 WIB
PON Jateng.
Pelepasan kontingen itu dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Jatidiri, Semarang pada Sabtu, 24 Agustus 2024. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Tengah, Nana Sudajana melepas 1.141 kontingen Jateng yang akan bertanding pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara pada 8 -20 September 2024.

Nana menyebut, kontingen Jateng terdiri dari 758 atlet dan 383 pelatih serta official. Ia mengungkapkan, mereka akan berlaga di 60 cabang olahraga (cabor), dari total 65 cabor yang dipertandingkan pada tahun ini.

“Setidak-tidaknya ada perbaikan peringkat dan bisa menambah perbendaharaan medali dan kami yakin, dulu kan 27 (medali emas), (sekarang) kita targetkan minimal 50 medali (emas) dan target (peringkat) ke-3, minimal di-4 lah," sebutnya.

"untuk mencapai target tersebut, selama kurang lebih 7 bulan belakangan ini, intensitas latihan para atlet telah ditingkatkan," jelas Nana.

Ia pun meminta agar seluruh kontingen mampu menunjukkan budaya Jateng yang santun, tetapi tidak kenal putus asa.

"Mereka harus bisa membuktikan bahwa dibalik kelemahlembutan masyarakat Jawa Tengah, terdapat jiwa yang pantang menyerah," ujar Nana.I

Sementara itu, ia menjelaskan, cabang olahraga yang diproyeksikan mendulang medali emas adalah wushu, menembak, pencak silat, panahan, atletik, dan panjat tebing.

"Melalui dukungan yang diberikan Pemprov Jateng, para atlet diharapkan bisa memberikan prestasi terbaiknya," jelas Nana. 50 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Nana Sudajana.
Pj Gubernur Jateng saat melepas kontingen itu dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Jatidiri, Semarang pada Sabtu, 24 Agustus 2024. (Foto: Istimewa)

Di sisi lain, Nana mengatakan bahwa penyelenggaraan event Jawa Tengah Sport Tourism Event (Specta) yang digelar sejak Februari 2024 lalu, menjadi sarana pemanasan latih tanding para atlet.

"Kita pun ada beberapa program Pemprov, yaitu Jateng Sportourism Event, yang kita harapkan akan dimanfaatkan untuk pemanasan gitu," katanya. 

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya