Golkar Batal Usung Andra Soni-Dimyati di Pilgub Banten, Gerindra Buka Suara

Partai Golongan Karya (Golkar) resmi memberikan dukungan kepada pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 27 Agu 2024, 23:22 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 23:22 WIB
Habiburokhman
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golongan Karya (Golkar) resmi mengusung dan memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Hal ini dilakukan sehari setelah Partai Golkar sebelumnya memberikan surat rekomendasi terhadap pasangan Andra Soni-Dimyati.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai hal itu biasa saja dalam kontestasi politik. Pihaknya pun menghormati putusan tersebut.

"Ya biasa saja itu bagian dari demokrasi, kita menghormati sikap-sikap partai politik untuk menentukan calon di masing-masing daerah. Kita ikut saja," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (27/8).

"(KIM tak masalah) Kapasitas saya sebagai Waketum Gerindra kita menghormati pihak masing-masing," sambungnya.

Kemudian, saat disinggung apakah Partai Golkar ada komunikasi dengan partai politik yang bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dirinya mengaku tidak tahu.

"Kalau itu saya enggak tahu," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar Dukung Airin

Sebelumnya, Partai Golongan Karya (Golkar) resmi memberikan dukungan kepada pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi. Nantinya, pasangan itu akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, pengusungan pasangan tersebut berdasarkan adanya kebijakan dari masing-masing partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).


KIM Hargai Keputusan Golkar

"Ya kan kita tahu juga ada faktor kebijakan yang dari masing-masing partai juga harus dihargai ya," kata Ace Hasan kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Selasa (27/8).

"Dan saya kira KIM sangat menghargai terhadap kebijakan yang diambil oleh partai Golkar," sambungnya.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya