Mitigasi Gempa Megathrust, Pemprov Jakarta Bakal Gelar Simulasi Serentak pada Oktober 2024

Simulasi bakal melibatkan lembaga dan pihak terkait, meliputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Komando Daerah Militer (Kodam), Polda, Biro Pemerintahan, Wali Kota, dan Bupati Kepulauan Seribu.Program

oleh Tim News diperbarui 17 Sep 2024, 19:41 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 19:41 WIB
Gempa Indonesia
Ilustrasi gempa. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar simulasi serentak menghadapi ancaman gempa megathrust Selat Sunda. Simulasi dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2024. 

"Rencana kami Oktober menghadapi Bulan Pengurangan Resiko Bencana bisa berjalan," kata Kepala Pelaksan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji kepada Liputan6.com, Selasa (17/9/2024).

Simulasi bakal melibatkan lembaga dan pihak terkait, meliputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Komando Daerah Militer (Kodam), Polda, Biro Pemerintahan, Wali Kota, dan Bupati Kepulauan Seribu.

Nantinya, BPBD DKI Jakarta bersama lembaga terkait akan turun ke warga di seluruh wilayah administrasi Jakarta.

Total, ujar Isnawa ada sekitar 400 orang relawan forum pengurangan resiko bencana yang bakal terlibat dalam simulasi. 

"Biro Pemprov DKI nanti bisa membantu mengkoordinasikan (simulasi) dengan para wali kota, camat, lurah melalui tutorial atau bergabung dengan relawan dan petugas BPBD di wilayah," ucap Isnawa. 

Dia bilang, simulasi serentak dilakukan karena Indonesia menjadi bagian ring of fire yang rawan gempa bumi. Saat ini, kata Isnawa tutorial simulasi serentak tengah dirancang BPBD DKI Jakarta. 

"Tutorial sedang dipersiapkan BPBD saat ini, nanti akan kami share ke RT, RW, dan berbagai lapisan masyarakat," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Rutin

simulasi mitigasi bencana alam gempa bumi
Siswa sekolah SMPN 198 mengikuti cara mitigasi bencana gempa di Sekolah SMPN 198, Jakarta. (merdeka.com/Imam Buhori)

Isnawa menjelaskan, BPBD DKI Jakarta sebetulnya rutin menjalankan program sosialisasi mitigasi kebencanaan yang menyasar 2.000 anak sekolah. Program itu digelar setiap tahun dengan tajuk 'Sekolah Madrasah Aman Bencana'. 

Selain itu, BPBD Jakarta juga memiliki ruang literasi kebencanaan pertama di Indonesia yang dilengkapi teknologi Virtual Reality (VR). Tercatat 6.500 warga telah melakukan kunjunga. 

Meskipun rutin menggelar sosialisasi mitigasi kebencanaan, Isnawa menyebut warga yang terlibat masih terbilang jauh dari tujuan. Sehingga, simulasi serentak diharapkan mampu menjangkau lebih banyak warga. 

"Ini tidak harus tergesa-gesa, yang penting (warga) memahami teknik penyelamatan, jalur evakuasi, dan lain-lain," kata dia.

Infografis BMKG Sebut Gempa Megathrust di Indonesia Tinggal Tunggu Waktu.
Infografis BMKG Sebut Gempa Megathrust di Indonesia Tinggal Tunggu Waktu. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya