Majalaya Karawang Panen Raya, Sulap Area Bangli Jadi Kawasan Bersih

Panen raya di Desa Pasir Jengkol, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/9) berlangsung meriah.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 26 Sep 2024, 21:52 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 14:00 WIB
Panen raya di Desa Pasir Jengkol, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/9) berlangsung meriah (Istimewa)
Panen raya di Desa Pasir Jengkol, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/9) berlangsung meriah (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Panen raya di Desa Pasir Jengkol, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/9) berlangsung meriah. Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Jasa Tirta II, Kelik Wirawan mengatakan panen raya dilakukan di area seluas 15 hektare dari total 124 hektare yang sudah dipanen sebelumnya.

“Adapun sawah tersebut diairi dari saluran sekunder tepatnya Saluran Sekunder Bengle 4 Tersier Kiri. Kami sangat mengapresiasi Jasa Tirta II bersama stakeholder terkait yang telah berhasil menjaga pasokan air untuk para petani, sehingga sawahnya terairi dan bisa melaksanakan panen raya sesuai jadwal," kata Kelik seperti dikuti dari siaran pers, Kamis (26/9/2024).

Tak hanya menghadiri panen raya, Kelik juga meninjau langsung lokasi bekas bangunan liar (bangli) di Ruas Saluran Induk Tarum Utara Cabang Barat, Seksi Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dia pun mengapresiasi Jasa Tirta II yang berhasil mengubah lahan bekas bangli menjadi kawasan bersih dan rapi.

"Kami sangat mengapresiasi upaya Jasa Tirta II yang telah bekerja keras dan berkolaborasi dengan Pemkab Karawang serta jajaran TNI - Polri, sehingga berhasil mengubah kawasan yang tadinya dipenuhi bangunan liar menjadi kawasan yang bersih dan rapi," bangga Kelik.

"Ini menunjukkan jika penertiban itu juga mendapat dukungan warga," imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


15 Hektare

Senada, General Manager Unit Wilayah IV Jasa Tirta II, Mario Mora Pangestu menyebut panen raya dilakukan di area seluas 15 hektare dari total 124 hektare yang sudah dipanen sebelumnya.

"Adapun sawah tersebut diairi dari saluran sekunder tepatnya Saluran Sekunder Bengle 4 Tersier Kiri. Sehingga penting memelihara ruas saluran irigasi sehingga menjaga kelancaran pasokan air ke sawah dan panen raya pun bisa terwujud," Mario menandasi.

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya