Fadli Zon Sambangi Kertanegara Bahas soal Kekayaan Budaya Indonesia, Bakal Jadi Menteri Kebudayaan?

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mendatangi Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh menjadi calon menteri.

oleh Devira PrastiwiAdy Anugrahadi diperbarui 14 Okt 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 16:08 WIB
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto pada hari ini, Senin (14/10/2024) memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Kertanegara yang dikabarkan menjadi Calon Menteri di kabinetnya mendatang.

Salah satu yang hadir adalah Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Dengan menggunakan pakaian batik, Fadli Zon nampak hadir sendiri ke kediaman pribadi Prabowo.

Usai bertemu dengan Prabowo, Fadli Zon tidak bicara banyak. Namun ia mengaku dirinya diminta untuk 'membantu'.

"Ya saya diminta oleh beliau (Prabowo) untuk membantu. Kita lihat lah nanti tanggal 20 Oktober. Tentu terkait juga dengan apa yang selama ini saya lakukan dan saya punya passion," ujar Fadli usai bertemu Prabowo, Senin (14/10/2024).

Saat ditanya akan menjadi menteri apa, Fadli Zon enggan menjawab gamblang. Ia hanya memberikan kode-kode.

"Ya pokoknya kalau sebenarnya passion saya itu sebenarnya itu, mengurusi berbagai macam heritage ya. Ya kita lihat nanti, banyak hal saya kira yang terkait dengan apa yang ini lah," ucap dia.

Menurut Fadli, saat ini Indonesia harus kembali menemukan identitasnya, mengingat memiliki ragam kebudayaan.

"Kita ini harus reinventing indonesian identity. Bagaimana kita menemukan kembali identitas Indonesia, karena kita ini kan bangsa yang megadiverstity," kata dia.

"Dan sebenarnya kita ini bisa menjadu ibu kota budaya dunia. Jadi kita saya kira punya kekayaan, budaya itu adalah nasional treasure kita," tutup Fadli Zon.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, membenarkan informasi bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memanggil para calon menterinya di kabinet di Kediamanya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) sore.

"Iya rencananya sih seperti itu, diundang calon menteri yang kemarin sudah menandatangani kesediaan membantu, tapi finalisasinya adalah hari ini,” kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).

 

Prabowo Panggil Sejumlah Calon Menteri ke Kertanegara Sore Ini

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Dasco menyebut, tokoh yang datang nanti sore akan bertemu langsung dengan Prabowo. Namun untuk finalisasinya setelah pertemuan.

"Nah finalisasinya setelah pertemuan," katanya.

Rencananya, pemanggilan calon menteri akan berlangsung hari ini dan besok.

"Mungkin hari ini dan besok. Iya, di seputar Kertanegara," pungkasnya.

Anggota DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengingatkan para ketua umum partai politik untuk mematuhi pesan Presiden Terpilih Prabowo Subianto agar para kadernya yang nanti menjabat sebagai menteri untuk tidak mencari uang dari APBN melalui proyek, guna mencegah kebocoran APBN yang setiap tahun terus meningkat.

Dia mengatakan partai politik merupakan tulang punggung demokrasi yang menjadi titik pangkal paling penting bagi proses terciptanya penyelenggaraan negara yang baik.

"Dalam menempatkan kader partainya yang akan duduk di kabinet, ketua partai politik harus benar-benar mempertimbangkan faktor integritas, kredibilitas, kapabilitas, akseptabilitas dan akuntabilitas dari kader yang diusulkan untuk menjadi menteri," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu 12 Oktober seperti dilansir Antara.

Dalam menentukan arah kebijakan negara, menurut dia, partai politik memiliki peran yang sangat penting, karena dalam UUD NRI 1945 partai politik diberikan kewenangan untuk menyeleksi serta mengusung para pejabat publik, baik di tingkat eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

"Sebagai hulu demokrasi, berbagai pembenahan partai politik perlu dilakukan. Semakin kuat dan sehatnya kondisi partai politik, semakin memudahkan terwujudnya hilir demokrasi berupa kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," kata mantan Ketua MPR RI itu.

 

Yandri Susanto hingga Natalius Pigai Sambangi Rumah Prabowo di Kertanegara

Politikus PAN Yandri Susanto hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang, disambut Sufmi Dasco Ahmad.
Politikus PAN Yandri Susanto hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang, disambut Sufmi Dasco Ahmad. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Sejumlah tokoh menyambangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta pada hari ini, Senin (14/10/2024). Kedatangan mereka di tengah kabar Prabowo Subianto memanggil para calon menterinya.

Pantauan Liputan6.com, ada Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, kemudian Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, ada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, dan Kader Gerindra Prasetyo Hadi.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga terpantau mendatangi rumah Prabowo di Kertanegara.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, membenarkan informasi bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memanggil para calon menterinya di kabinet di Kediamanya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Senin sore (14/10/2024).

"Iya rencananya sih seperti itu, diundang calon menteri yang kemarin sudah menandatangani kesediaan membantu, tapi finalisasinya adalah hari ini," kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).

Dasco menyebut, tokoh yang datang nanti sore akan bertemu langsung dengan Prabowo. Namun untuk finalisasinya setelah pertemuan.

"Nah finalisasinya setelah pertemuan," kata dia.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya