Tak Ada Kader PKS di Antara Calon Menteri yang Dipanggil, Begini Penjelasan Prabowo

Prabowo telah memanggil 49 tokoh dan politikus yang diproyeksikan akan menjadi menteri di kabinetnya. Namun di antara puluhan tokoh yang hadir ke rumah Prabowo, tidak ada kader PKS.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 15 Okt 2024, 01:10 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 01:10 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan.
Presiden Terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan. (Foto: Liputan6.com/Nanda Perdana)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah memanggil puluhan tokoh dan politikus ke rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Mereka yang dipanggil diproyeksikan menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Namun dari puluhan tokoh yang hadir, tidak nampak kader PKS. Padahal partai pimpinan Ahmad Syaikhu itu telah menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran, meski sempat menjadi rival di Pilpres 2024.

Terkait hal ini, Prabowo menyatakan bahwa PKS sejatinya turut menyodorkan nama-nama yang bisa dipertimbangkan untuk menempati posisi menteri di pemerintahannya. Namun menurut dia, calon menteri yang diajukan PKS berasal dari unsur profesional.

"Mungkin PKS Anda tidak perhatikan, tapi karena dia (tokoh yang diajukan) seorang profesional," ujar Prabowo usai menerima puluhan calon menteri di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin malam.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan, tak semua partai koalisi menyodorkan nama-nama dari kalangan partai. Karena itu, Prabowo memberikan apresiasi kepada semua ketum parpol tersebut.

"Jadi gini, beberapa saya terus terang saja, saya menyatakan saya apresiasi para ketum, banyak ketum yang diajukan orang-orang profesional," ucap dia.

"Jadi saya kira itu yang ingin saya sampaikan, mungkin Anda tidak perhatikan bahwa yang ajukan itu partai A partai B karena yang diajukan justru orang-orang teknokrat," sambung Prabowo.

Ketum Gerindra ini mengaku masih akan mengundang tokoh-tokoh yang akan bergabung di pemerintahannya. Pertemuan itu dilanjutkan kembali di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara pada Selasa, 15 Oktober 2024 besok.

"Besok masih adalagi proses. Saya kira sama lah jam 2 besok. Wamen wamen, menterinya masih ada beberapa yang sedang di luar kota," ujar Prabowo Subianto memungkasi.

Prabowo Sebut Semua Tokoh yang Dipanggil Sanggup Jadi Menteri

Prabowo Subianto Usai Memanggil Sejumlah Calon Menteri di Rumahnya
Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai memanggil sejumlah calon menteri di rumahnya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Presiden terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah mengundang sejumlah tokoh dan politikus yang diproyeksikan akan menjadi menteri dan wakil menteri di kabinet pemerintahannya.

Mereka diminta hadir di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024). Hingga Senin malam, tercatat ada 49 tokoh dari kalangan politikus maupun akademisi yang hadir.

"Memang hari ini saya memanggil calon-calon menteri dan wakil menteri," kata Prabowo di kediamannya, Senin malam.

Prabowo mengatakan, penjaringan calon-calon menteri maupun calon wakil menteri sudah berlangsung lama. Bahkan, kata dia, berapa di antaranya telah dilakukan pemantauan dan diajak untuk bertukar-pikiran.

"Sebenarnya proses ini sudah berjalan lama, kita adakan pemantauan, diskusi," ujar dia.

Ketum Partai Gerindra ini mengatakan, mereka sebelumnya juga telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung di pemerintahan Prabowo-Gibran sebelum dipanggil ke Kertanegara.

Adapun agenda hari ini, kata Prabowo, tinggal mengkonfirmasi kembali. Menurut dia, mereka semua menyatakan kesediannya untuk membantu pemerintahannya ke depan.

Prabowo Puas Terhadap Respons Calon Menterinya

Prabowo dan Gibran Tuba di KPU
Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya konfirmasi saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," ucap Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo memberikan beberapa penekanan terkait arah kebijakan yang akan dijalankan dalam lima tahun ke depan. Prabowo mengaku puas melihat respons para calon menteri-menterinya.

"Saya memberi beberapa penekanan kira kira arah ya kebijakan kita. Secara garis besar saya puas ya dan suasana sangat baik semuanya mengerti bahwa kita harus bekerja dengan baik, bekerja dengan keras sebagai tim dalam suasana dunia penuh ketidakpastian," ucap dia.

"Kita bener bener harus bekerja dengan team work yang sangat baik. Saya kira itu yang bisa saya sampaikan jadi sudah malam, terimakasih," kata Prabowo Subianto menandaskan.  

Daftar 49 Tokoh yang Dipanggil Prabowo

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Hingga Senin 14 Oktober 2024 malam, tercatat ada 49 tokoh dan politikus yang dipanggil ke rumah Prabowo di Kertanegara. Berikut daftarnya:

  1. Ketua DPP Partai Gerindra, Prasetyo Hadi
  2. Wakil Ketua Umum Gerindra, Sugiono.
  3. Istri mantan Direktur Utama Indika Energy Wishnu Wardhana, Widiyanti Putri Wardhana
  4. Pegiat HAM, Natalius Pigai
  5. Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto
  6. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon
  7. Politikus Golkar, Nusron Wahid
  8. Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf
  9. Politikus Partai Gerindra, Maruarar Sirait
  10. Politikus PKB, Abdul Kadir Karding
  11. Wakil Ketua Umum Golkar, Wihaji
  12. Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya
  13. Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono
  14. Sekretaris Pusat Muslimat NU, Arifatul Choiri Fauzi
  15. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian
  16. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan
  17. Akademisi Satryo Soemantri Brodjonegoro
  18. Akademisi, Yassierli
  19. Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra
  20. Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia
  21. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti
  22. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar
  23. Wakapolri Komjen Agus Andrianto
  24. Wamen Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni
  25. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang
  26. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno
  27. Penjabat Gubenur Papua Tengah, Ribka Haluk
  28. Politikus Demokrat, Iftitah Sulaeman
  29. Politikus Golkar, Maman Abdurrahman
  30. Akademisi Prof Rachmat Pambudy
  31. Sekjen Menteri Perdagangan, Budi Santoso
  32. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono
  33. Sekjen Kementerian PUPR, Raden Dodi Priyono
  34. Dirjen Planologi KLHK, Hanif Faisol Nurofiq
  35. Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin
  36. Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar
  37. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman
  38. Menteri BUMN, Erick Thohir
  39. Menpora, Dito Ariotedjo
  40. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
  41. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto
  42. Menteri Keuangan, Sri Mulyani
  43. Mantan Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronica Tan
  44. Dewan Komisaris PLN, Dudy Purwagandhi
  45. Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas
  46. Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemhan Donny Ermawan Taufanto
  47. Menteri Investasi/BKPM, Rosan Roeslani
  48. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra
  49. Politisi Golkar, Meutya Hafid
Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya