Jaga Lestari Lingkungan, Hashim Djojohadikusumo Jalankan Upaya Mitigasi Krisis Iklim

Hashim memastikan, aksi iklim merupakan bentuk tanggung jawab perusahaannya terhadap generasi mendatang.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Okt 2024, 15:02 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 12:00 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bersama CEO ARSARI Group, Hashim Djojohadikusumo (Istimewa)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bersama CEO ARSARI Group, Hashim Djojohadikusumo (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan penghargaan kepada PT ITCI Kartika Utama (ITCIKU). Penghargaan diberikan, atas kontribusinya terhadap Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia melalui pendekatan peningkatan tutupan hutan alam.

Menanggapi hal itu, CEO ARSARI Group, Hashim Djojohadikusumo mengatakan berdasarkan data KLHK, tutupan hutan alam di konsesi PT ITCIKU dalam satu dekade terakhir ini, meningkat hingga mencapai lebih dari 115%. Hal itu merupakan bukti nyata dari kontribusinya terhadap NDC Indonesia dari sektor kehutanan.

“Kami mengapresiasi dan merasa terhormat mendapat penghargaan dari Menteri LHK atas aksi iklim kami di tingkat lapangan. Ini sebagai dorongan bagi kami untuk terus berupaya membuktikan komitmen kami bahwa konsesi kehutanan dapat berperan nyata dalam mitigasi perubahan iklim,” kata Hashim di Gedung Manggala Wanabakti ketika memberikan sambutan setelah menerima penghargaan tersebut dari Menteri LHK seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (17/10/2024).

Hashim memastikan, aksi iklim merupakan bentuk tanggung jawab perusahaannya terhadap generasi mendatang, di antaranya dengan terus memastikan terjadinya peningkatan tutupan hutan alam di konsesi PT ITCIKU. Tujuannya, agar dapat terus berperan dalam penurunan emisi nasional dari sektor kehutanan.

“PT ITCIKU telah menunjukkan konsesi kehutanan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian target NDC Indonesia, dengan peningkatan luasan tutupan hutan alam secara signifikan melalui kegiatan konservasi dan restorasi,” jelas Hashim.

Hashim mengungkap, berbagai kegiatan konservasi dan restorasi di PT ITCIKU dilakukan dengan sumber daya mandiri. Sebab, pihaknya ingin agar anak cucunya kelak dapat menikmati dan berbangga kepada kami dalam upaya pelestarian lingkungan.

Utusan Khusus

Diketahui, PT ITCIKU merupakan bagian dari ARSARI Group yang dikomandoi Hashim Djojohadikusumo. Nantinya, pada November mendatang saat Prabowo sudah menjadi presiden, Hashim juga akan menjadi Utusan Khusus dalam UN Climate Change Conference di Baku Azerbaijan.

"Pak Hashim dengan PT ITCIKU merupakan praktik kepemimpinan dengan memberikan contoh (leading by example), di mana konsesi kehutanan merupakan salah satu aktor terpenting dan menjadi bagian dari aksi iklim pemerintah dalam memerangi krisis iklim global bersama-sama dengan negara-negara lainnya," pesan Menteri LHK, Siti Nurbaya ke Hashim.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya