Momen Akrab Pertemuan Prabowo-PM Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Merdeka

Presiden Prabowo Subianto menerima sejumlah tamu negara di hari kedua menjabat sebagai kepala negara, Senin (21/10/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Okt 2024, 20:45 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 20:45 WIB
Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (21/10/2024).
Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (21/10/2024). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menerima sejumlah tamu negara di hari kedua menjabat sebagai kepala negara, Senin (21/10/2024). Ada lima pemimpin negara sahabat yang menemui Prabowo di Istana Merdeka Jakarta, salah satunya Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao.

Prabowo tampak didampingi Menteri Luar Negeri Sugiono. Pertemuan Prabowo dan PM Xanana Gusmao berlangsung secara akrab. Keduanya saling berjabat tangan dan tertawa bersama.

Prabowo mengajak PM Xanana Gusmao untuk berbincang di ruang Jepara yang ada di Istana Merdeka Jakarta. Prabowo lalu mengantar kepulangan Xanana sampai pintu luar Istana Merdeka.

Selain PM Xanana, Jokowi juga menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield, Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan, dan Duta Besar Prancis untuk negara ASEAN François Corbin, dan PM Kepulauan Solomon Jeremiah Manele.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menerima tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta usai pelantikan, Minggu 20 Oktober 2024. Ada sembilan pimpinan negara yang diterima oleh mantan Menteri Pertahanan itu secara bergantian.

Mereka adalah Wakil Perdana Menteri (PM) Australia Richard Marles, Menlu Britania Raya dan Irlandia Raya David Lammy, Wakil PM Selandia Baru Winston Peters, dan PM Singapura Lawrence Wong.

Selain itu, ada PM Papua Nugini James Marape, PM Korea Selatan Han Duck-Soo, PM Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, Wakil Presiden Laos Pany Yathotou, dan Wapres Han Zheng.

Prabowo Resmi Melantik 48 Menteri Kabinet Merah Putih

Usai Dilantik, Para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih Berfoto Bersama
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sementara itu, Presiden Prabowo Subianto melantik 48 menteri yang masuk Kabinet Merah Putih. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi (21/10/2024).

Para menteri yang dilantik, untuk laki-laki memakai jas warna hitam dengan dasi biru muda. Sedangkan untuk menteri perempuan mengenakan kebaya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan petikan Surat Keputusan Presiden. Pelantikan para menteri negara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133 P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Presiden Prabowo pun kemudian mengambil sumpah jabatan dari para menterinya.

"Bersediakah saudara-saudara diambil untuk sumpah janji menurut agama dan kepercayan masing-masing?" kata Prabowo sebelum melafalkan sumpah.

"Bersedia," jawab anggota Kabinet Merah Putih.

Berikut ini lafal sumpah yang dibacakan Presiden Prabowo dan diikuti para menteri di Istana Negara:

"Saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Setelah itu, para menteri yang dilantik melakukan penandatangan yang disaksikan oleh Presiden Prabowo Subianto. 

Pelantikan menteri ditutup dengan Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran memberikan ucapan selamat kepada para menteri. 

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya