Bentuk Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi, Prabowo: Tugasnya Monitor Semua Proyek

Prabowo menegaskan, badan-badan tersebut dibentuk bukan untuk mencampuri pekerjaan kementerian. Dia menyatakan, badan-badan baru ini akan membantu permasalahan di lapangan agar segera dapat diselesaikan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Okt 2024, 18:18 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 18:18 WIB
Raffi Ahmad
Nama Raffi Ahmad trending setelah dilantik Prabowo Subianto jadi utusan khusus Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Dok. Instagram @raffinagita1717)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Prabowo Subianto membentuk Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigas Khusus yang dipimpin Aris Marsudiyanto. Prabowo mengungkap badan tersebut umtuk memonitor program dan proyek yang akan dikerjakan pemerintah.

"Saya ada tambahan lagi, Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus. Tugas mereka adalah memonitor semua program, semua proyek yang kita akan lancarkan," ujar Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Selain itu, Prabowo membentuk Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan. Nantinya, badan yang dipimpin Budiman Sudjatmiko ini akan mengikuti program-program perlindungan sosial dan bantuan sosial.

"Badan ini akan mempelajari, akan mengikuti semua program-program perlindungan sosial, semua program-program bantuan ke bagian golongan rakyat yang masih perlu bantuan," ujarnya.

Prabowo menyampaikan bahwa birokrasi di Indonesia sangat terkenal ribet dan lambat. Bahkan, kata Prabowo, birokrasi Indonesia kerap disebut mempersulit masyarakat.

"Mari lah kita jujur mengakui bahwa birokrasi di kita sangat terkenal, sangat terkenal ribetnya, sangat terkenal lambatnya," tutur dia.

"Bahkan ada pembicaraan oleh rakyat kita bahwa birokrasi pemerintah kita sering mempersulit, bukan mempermudah keperluan rakyat. Bahkan ada yang mengatakan kalau bisa dibikin sulit kenapa dibikin mudah," sambung Prabowo.

Dia pun menegaskan badan-badan tersebut dibentuknya bukan bermaksud untuk mencampuri pekerjaan kementerian-kementerian. Prabowo menjelaskan badan-badan baru ini akan membantu permasalahan di lapangan segera dapat diselesaikan.

"Bukan saya ingin mencampuri pekerjaannya kementerian-kementerian, tidak. Tapi saya ingin membantu, di mana ada bottle neck, di mana ada kesulitan segera kita atasi," ucap Prabowo Subianto.

Prabowo Lantik 6 Kepala Badan dan Wakilnya

Prabowo Melantik Sejumlah Kepala Badan hingga Penasihat Presiden
Presiden Prabowo Subianto melantik sejumlah pejabat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Adapun pejabat yang dilantik hari ini terdiri dari utusan khusus presiden, penasihat khusus presiden, staf khsusu presiden, hingga kepala badan. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik enam kepala badan dan wakil kepala badan untuk membantu pemerintahannya di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/2024). Salah satunya, aktivis 98 sekaligus mantan Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko.

Budiman ditunjuk menjadi Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan. Dia memiliki dua wakil untuk membantunya menurunkan kemisikinan ekstrem di Indonesia.

Selain itu, ada ulama terkemuka dari Jombang, Irfan Yusuf yang dilantik Prabowo menjadi Kepala Badan Penyelenggara Haji. Gus Irfan merupakan cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH. Hasyim Asy'ari.

Dalam menjalankan tugasnya, Gus Irfan dibantu oleh Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai wakil kepala badan. Dahnil merupakan Politikus Partai Gerindra yang juga mantan Juru Bicara Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Tak hanya itu, Prabowo juga melantik Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal. Tokoh Aksi 212 itu dilantik menjadi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

 

Daftar Kepala dan Wakil Kepala Badan

Dahnil Anzar Simanjuntak usai dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).
Dahnil Anzar Simanjuntak usai dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024). (Dok. Istimewa)

Berikut daftar kepala badan yang dilantik Prabowo:

1. Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

- Aris Marsudiyanto Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

2. Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

- Muliaman Darmansyah Hadad, Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

- Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, sebagai Wakil Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

3. Badan Penyelenggara Haji

- Irfan Yusuf sebagai Kepala Badan Penyelenggara Haji

- Dahnil Anzar Simanjuntak, sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji

4. Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Budiman Sudjatmiko, sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Nanik Sudaryati Deyang sebagai Wakil Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Iwan Sumule sebagai Wakil II Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

5. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

- Haikal Hassan, sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

- Afriansyah Noor, sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

6. Badan Gizi Nasional

- Lodewyk Pusung sebagai Wakil Kepala Badan Gizi Nasional

 

Infografis Kepala-Waka 6 Badan Negara Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kepala-Waka 6 Badan Negara Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya