Kesan Menteri Ikut Retreat 2 Hari di Akmil, Bahlil: Biasa Bangun Jam 7, Jadi Jam 4 Subuh

Bahlil mengatakan, dirinya biasa tidur 02.00 WIB dan bangun jam 05.00 WIB untuk salat subuh. Namun, dia kembali tidur dan bangun 07.00 WIB.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Okt 2024, 12:45 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 12:45 WIB
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia bersama Wakil Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman saat mengungkapkan kesannya usai mengikuti Retreat Kabinet di Akmil, Magelang.
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia bersama Wakil Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman saat mengungkapkan kesannya usai mengikuti Retreat Kabinet di Akmil, Magelang. (Dok, Tangkapan Layat YouTube Sekretariat Kabinet)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengungkapkan kesannya dua hari mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah. Dia mengaku harus bangun lebih pagi dari biasanya.

Bahlil mengatakan, dirinya biasa tidur 02.00 WIB dan bangun jam 05.00 WIB untuk salat subuh. Namun, dia kembali tidur dan bangun 07.00 WIB.

"Kesan bangun paginya itu agak repot saya, biasanya tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh abis itu tidur lagi kan, nanti bangun jam 7," kata Bahlil sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, para anggota Kabinet Merah Putih bangun pukul 04.00 WIB saat retreat berlangsung. Bahlil menilai hal ini membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab.

"Nah ini engga ini, kita tidur jam 2 jam 4 udah bunyi, tapi itu bagus bawah hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau satu jam mau dua jam begitu panggilan tugas harus siap," jelasnya.

 

Pengalaman Baru

Semangat Kabinet Merah Putih Jalani Hari Pertama Retreat di Akademi Militer Magelang
Para menteri dan anggota Kabinet Merah Putih dengan pakaian militer berjalan saat retreat di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat 25 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut retreat sangat efektif untuk menyamakan langkah dan frekuensi antar menteri. Dito pun mendapatkan pengalaman baru selama retreat.

"Ini dibikinkan kegiatan yang saya rasa hampir mayoritas anggota kabinet tidak terbiasa, tidur di tenda, bangun jam 4 pagi dan langsung kita baris berbaris, dan senam," tuturnya.

Dito menuturkan para anggota kabinet mendapat sejumlah materi penting yang dapat menumbuhkan kekompakan. Sehingga, para anggota kabinet dapat kompak dalam menjalankan program-program.

"Disini juga menerima subtansi yang sangat penting, jadi ini langkah yamg di mana hubungan kemnusiaan snagat oenting dari chemistri, dari hati, dan langkah. Jadi ini mempercepat karna Bapak Pres ingin pemerintahan kabinet Merah Putih berjalan cepat," ucap Dito.

Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya