Sumpah Pemuda ke-96, Menpora Dito: Bersama Melangkah Lebih Jauh Demi Indonesia Raya

Pesan agar kolaborasi di kalangan pemuda terus ditingkatkan menggema di momen HSP yang ke-96 ini.

oleh Tim News diperbarui 28 Okt 2024, 11:29 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 09:48 WIB
Pegawai Kemenpora menggelar upacara HSP ke-96, di halaman Kantor Kemenpora, Senin (28/10) (Istimewa)
Pegawai Kemenpora menggelar upacara HSP ke-96, di halaman Kantor Kemenpora, Senin (28/10) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-96, di kantor Kemenpora, Senayan, Senin (28/10/2024).

Pesan agar kolaborasi di kalangan pemuda terus ditingkatkan menggema di momen HSP yang ke-96 ini. Selain itu, Kemenpora juga mengajak anak-anak muda untuk bergerak bersama demi cita-cita Indonesia maju bersama.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2024 sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 ialah "Maju Bersama Indonesia Raya".

Dilansir dari laman resmi Kemenpora, tema tersebut mengandung pesan kuat tentang sinergi dan kolaborasi. Selain itu, tema HSP ke-96 tahun ini juga diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi serta pendorong semangat bagi pemuda Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat global.

"Dengan 46 juta pemuda Indonesia, semangat ini diharapkan menjadi kekuatan pendorong untuk mengantarkan bangsa ke puncak kejayaan global," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Senin (28/10/2024).

"Peluncuran logo dan tema ini bukan sekadar simbol, tetapi nyala api semangat yang akan membakar jiwa pemuda Indonesia menuju masa depan emas! Bersama, kita akan melangkah lebih jauh, lebih tinggi, demi Indonesia raya," tambahnya.

Di samping itu, terdapat beberapa sub tema yang juga dirilis untuk peringatan HSP 2024. Berikut beberapa sub-tema untuk peringatan momen istimewa ini, di antaranya: Pemuda peduli gizi anak Indonesia untuk generasi sehat dan produktif, Pemuda Indonesia, bersatu dalam Kebhinekaan berjuang dalam keindonesiaan.

Selain itu ada juga tema terkait dengan Pemuda Indonesia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter, Transformasi pemuda pada pendidikan, kesehatan, kepemimpinan, sosial budaya, teknologi, dan ekonomi sebagai energi pemuda majukan IndonesiaWujudkan pemuda yang maju, mandiri, dan profesional

Selain tema, Kemenpora juga merilis logo peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2024 menampilkan tiga pemuda dengan warna berbeda yang sedang mengibarkan bendera Merah Putih.

"Gambar tersebut melambangkan tentang keragaman Indonesia yang mampu membuat para pemuda tumbuh dengan semangat tak terbendung untuk maju demi Indonesia Raya," Kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Raden Isnanta, Senin (28/10/2024)

Kemudian, di bawah logo terdapat tulisan angka 96. Angka tersebut melambangkan usia Sumpah Pemuda dan tema Hari Sumpah Pemuda 2024.

 

Makna Logo Sumpah Pemuda

Berikut Makna Logo Sumpah Pemuda ke-96

1. Ragam Pemuda: Tiga pemuda dengan warna berbeda mewakili keberagaman yang mampu maju bersama untuk Indonesia Raya.

2. Merah Putih Dinamis: Mewakili Indonesia yang bergerak dinamis menuju kemajuan bangsa dan keemasan Indonesia.

3. Lompatan Tertinggi: Posisi para pemuda yang melompat menunjukkan kemampuan pemuda untuk memacu Indonesia ke tempat lebih tinggi.

4. Cornsilk: Warna seperti serabut jagung menandakan usia pemuda yang masih "seumur jagung" namun menjadi sumber kehidupan

5. Emas Muda: Warna mewakili potensi emas pemuda Indonesia untuk keberlangsungan bangsa di masa mendatang

6. Emas: Representasi harapan menuju Indonesia Emas 2045.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya