[VIDEO] Rusuh Sidang Sengketa Pilkada Maluku di MK

Massa mengamuk naik ke atas meja melempar kursi di ruang sidang setelah majelis hakim memutuskan menolak pilkada ulang.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Nov 2013, 18:00 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2013, 18:00 WIB
amuk-mk-131114c.jpg
Sidang putusan sengketa Pilkada Maluku di Mahkamah Konstitusi berlangsung ricuh setelah salah satu pendukung calon gubernur mengamuk di ruang sidang. Kasus dugaan suap sengketa pilkada yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar membuat kepercayaan masyarakat terhadap MK semakin menurun.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (14/11/2013), puluhan orang tiba-tiba masuk di tengah sidang putusan sengketa Pilkada Maluku yang dipimpin Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelfa di Gedung MK, Jakarta. Mereka masuk setelah majelis hakim memutuskan menolak pilkada ulang. Sejumlah orang naik ke atas meja sidang dan melempar kursi serta merusak berbagai fasilitas ruangan mikrofon.

Polisi akhirnya memaksa massa yang diduga pendukung salah satu calon gubernur keluar Gedung MK. 5 Orang yang diduga pelaku perusakan diamankan polisi. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyesalkan sikap tidak sportif masyarakat.

Sepanjang sejarah MK, baru kali ini terjadi unjuk rasa sengketa pilkada yang berujung tindakan anarkis di ruang sidang. Kasus dugaan suap sengketa pilkada yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar diperkirakan membuat kepercayaan masyarakat terhadap MK semakin menurun. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya