Pantangan yang Harus Dihindari Bagi Pasien Radang Sendi

Kondisi peradangan ini bisa muncul dalam beberapa bentuk.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Feb 2022, 18:07 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 18:05 WIB
Mengatasi Peradangan dan Nyeri
Ilustrasi Nyeri Sendi Credit: unsplash.com/Imani

Liputan6.com, Jakarta Seperti tenggorokan, sendi-sendi manusia juga bisa mengalami peradangan. Dalam ilmu kesehatan penyakit tersebut bernama arthritis.

Melansir laman Timesnownews, Jumat (04/02/2022), arthritis adalah keadaan satu atau lebih sendi mengalami peradangan. Hal ini kemudian mengakibatkan pembengkakan dan nyeri.

Sementara itu, kondisi peradangan ini bisa muncul dalam beberapa bentuk. Salah satunya seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Ketika sendi seseorang telah terjadi peradangan seperti itu, sebaiknya perlu menghindari beberapa makanan agar tidak menyebabkan nyeri yang begitu parah.

Dari sekian banyak, berikut ini jenis-jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita radang sendiri.

1. Makanan yang digoreng

Menurut Mayo Clinic, ada hubungan penting antara rheumatoid arthritis dengan mikrobioma usus yang buruk.

Terkait hal tesebut, para ahli menemukan bahwa bila adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang ada dalam usus itu kemudian bisa menyebabkan gejala rheumatoid arthritis.

Ketidakseimbangan usus tersebut, menurut para ahli, akan semakin memburuk ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans.

Makanan tersebut biasanya ditemukan dalam bahan-bahan masakan yang digoreng. Jadi, tidak baik mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng bagi penderita radang sendi.

2. Minuman beralkohol

Selanjutnya, minuman beralkohol dalam bentuk apa pun tidak baik untuk kesehatan. Asam urat suatu bentuk radang sendi yang terjadi karena penumpukan asam urat di dalam tubuh. Hal ini kemudian dapat menyebabkan radang sendi, nyeri, dan pembengkakan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsi minuman beralkohol. Terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat.

 


3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan

Para ahli juga menyarankan untuk menghindari makanan olahan khususnya bagi penderita radang sendi.

Sebab biasanya makanan olahan mengandung banyak gula halus dan karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal itu kemudian bisa menyebabkan masalah pada kesehatan secara signifikan.

4. Hindari sayuran nightshade

Penderita radang sendi biasanya akan kambuh merasakan nyeri pada area sendi setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Pada umumnya setelah mengonsumsi sayuran nightshade. Oleh karena itu, penderita radang sendi sebaiknya menjauhkan diri dari makanan-makanan ini.

Bagi yang belum tahu, sayuran nightshade ini seperti tomat, paprika, kentang, dan terong. Menurut Cleveland Clinic, makanan-makanan tersebut dianggap dapat menyebabkan kaku dan bengkak karena mengandung solanin.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya