Mudik Pertama dengan Mobil Pribadi? Ini Tipsnya

Hal ini tentunya untuk memberikan rasa nyaman dan aman selama perjalanan.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 15 Jul 2014, 17:31 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2014, 17:31 WIB
 SOCA Solidarity 4x4 Tuntaskan Perjalanan Menuju Ujung Kulon
Sebelum melanjutkan perjalanan offroader melakukan pengecekan mesin kendaraan. (17/5/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana mudik dengan mobil pribadi, kondisi kendaraan yang prima merupakan syarat mutlak. Hal ini tentu dilakukan untuk menjamin rasa aman dan nyaman kala menempuh perjalanan jauh.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mudik dengan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Costumer Care Director PT General Motors Indonesia (GMI), Dadan Ramadhani, oli mesin berikut transmisi, oli rem, power steering dan cairan pembersih kaca harus diperiksa dan ditambah atau diganti jika tidak dalam kondisi baik.

Kemudian, komponen rem, kopling, steer, ban, karet wiper, kaca spion, dan lampu pada kendaraan harus berada dalam kondisi baik. Sebab, ujar Dadan, apabila tidak dalam kondisi prima, komponen tersebut rawan bermasalah selama perjalanan jauh.

"Sebelum mudik, lakukan penggantian oli dan pelumas. Kemudian pada saat balik nanti, kondisinya juga harus kembali diperiksa dan kalau perlu diganti," tutur Dadan.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah memeriksa sejumlah alat keselamatan, yakni seat belt, ban cadangan, segitiga pengaman, kunci roda, obeng dan beberapa kelengkapan alat pendukung keselamatan lainnya, seperti kotak P3K.

Jika membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak, persiapkan tempat dan alat pengikat untuk mengamankan barang. Tapi yang terpenting, jangan membawa barang melebihi kapasitas kendaraan.

Yang terakhir, lengkapi seluruh dokumen seperti SIM, STNK, peta atau perangkat GPS, yang bisa dimanfaatkan untuk memandu perjalanan jauh Anda. Saling berkabar tentang posisi Anda di perjalanan juga merupakan hal yang positif. 

"Karena saat berkendara jauh kondisinya jauh berbeda ketika membawa mobil harian. Jika semua itu dilakukan, mudah-mudahan mudiknya bisa berjalan dengan lancar dan aman," tutup Dadan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya