Motor Butut Paling Mahal di Australia, Ini Sosoknya

Harley Davidson Class C khusus dibangun untuk balapan di trek berbentuk oval.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 30 Sep 2015, 06:17 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2015, 06:17 WIB
Motor Butut Ini Jadi yang Paling Mahal di Australia
Harley Davidson Class C khusus dibangun untuk balapan di trek berbentuk oval.

Liputan6.com, Canberra - Sepeda motor butut tidak selamanya berakhir sebagai barang rongsokan. Bahkan, bisa juga menjadi barang koleksi yang dihargai sangat mahal.

Sebuah Harley Davidson yang sangat langka berhasil memecahkan rekor lelang di Australia. Terjual hingga 600 ribu Dolar Australia atau sekira Rp 6,14 miliar saja. Sepeda motor ini telah tersimpan selama lebih dari 50 tahun dan kondisinya dapat dikatakan sudah usang dan tidak terawat.

Dilansir Drive, Selasa (29/9/2015), sepeda motor ini dinamakan Class C yang diproduksi pada 1927. Class C memiliki spesifikasi teknis mesin FHA V-twin delapan katup.

Harley Davidson memproduksi Class C hingga kurun waktu pertengahan dekade 1920-an sebanyak 50 unit di seluruh dunia. Class C dibangun secara khusus sebagai motor balap dengan sespan.

Lebih lanjut, Class C khusus dibangun untuk balapan di trek berbentuk oval. Adapun bahan bakarnya menggunakan kombinasi antara 75 persen alkohol dari kayu dan 25 persen bensol.

Menurut deskripsi buku panduan, penggunaan bahan bakar tersebut bertujuan untuk menghasilkan kecepatan yang luar biasa di trek tanah ataupun papan kayu. Selain itu, harganya sengaja dibanderol mahal untuk menghindari persaingan antar pabrikan.

Prosesi lelang Harley Davidson Class C telah dilakukan sepanjang pekan lalu dan mendapat banyak penawaran dari seluruh dunia. Namun demikian, rumah lelang Shannon enggan mengungkap siapa sosok yang membeli Class C itu.

(ysp/sts)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya