Adu Irit Motor Pakai Pertalite, Ini Hasilnya

Lomba irit ini melibatkan empat jenis motor yang mewakili motor terlaris di Indonesia.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 19 Nov 2016, 15:41 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2016, 15:41 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina bersama tabloid Otomotif menantang anggota komunitas sepeda motor untuk menguji seberapa irit konsumsi bahan bakar kendaraan mereka saat menggunakan Pertalite. Mereka ditantang untuk memecahkan rekor yang telah dicapai tim Otomotif.

Adapun lomba irit ini melibatkan empat jenis motor yang mewakili motor terlaris di Indonesia, seperti Honda BeAT, Honda Supra X 125, Yamaha V-Ixion dan Yamaha NMax. Keempat jenis motor itu diwakili oleh komunitas, antara lain Jakarta Max Owner (JMO), Honda BeAT Injeksi Jakarta (HBIJ), Yamaha Music V-Ixion Club (YMVC) dan Club Honda Supra Depok (CHSD).

Sebelum pengujian dimulai, tangki motor tiap peserta dikosongkan kemudian diisi Pertalite sampai full tank. Perlombaan sendiri dimulai pukul 10.00 Wib dengan estimasi waktu antara 30-60 menit.

Rute yang dilalui mulai dari POM bensin Pertamina di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, lalu putar balik di Cawang menuju ke Semanggi-Grogol, lalu putar balik di depan Session City, Jembatan Besi, Jakarta Barat, lalu kembali ke POM bensin Pertamina di Jalan MT Haryono dengan total jarak tempuh mencapai 33 km.

Sebelumnya, tim Otomotif telah melakukan pengujian sendiri dengan rute dan menggunakan bahan bakar yang sama. Hasilnya, Honda BeAT menorehkan 68,08 km/liter, Honda Supra X125 FI 71,9 km/liter, Yamaha NMAX 51,6 km/liter, dan Yamaha V-Ixion: 64,7 km/liter.

Untuk diketahui, metode pengukuran yang diterapkan dalam acara ini adalah full to full. Usai peserta menyentuh garis finis, motor didiamkan selama lima menit baru kemudian diisi Pertalite lagi hingga batas saat pengisian awal.

Hasilnya, ada dua motor yang berhasil melampaui rekor Otomotif, yakni Honda BeAT dan Honda Supra X 125. Tingginya konsumsi bahan bakar yang diraih karena menerapkan teknik eco riding dan pembakaran yang sempurna karena penggunaan bahan bakar beroktan 90.

Daftar perolehan konsumsi BBM tertinggi dari tiap komunitas:

Ezha HBIJ - Honda BeAT : 72,92 km/liter
Agung CHSD - Honda Supra X125 FI : 77,14 km/liter
Sunasi JMO - Yamaha NMAX : 50,00 km/liter
Jahuri JMVC- Yamaha V-Ixion : 55,00 km/liter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya