Canggihnya Perakitan All-New BMW Seri 5 di Indonesia

PT BMW Group Indonesia mulai melakukan perakitan sedan mewah terbarunya, all new BMW Seri 5.

oleh Arief Aszhari diperbarui 03 Agu 2017, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2017, 09:00 WIB
Perakitan BMW Seri 5.
PT BMW Group Indonesia mulai melakukan perakitan sedan mewah terbarunya, all new BMW Seri 5. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Bekerja sama dengan PT Gaya Motor Indonesia (GMI), PT BMW Group Indonesia mulai melakukan perakitan sedan mewah terbarunya, all new BMW Seri 5. Untuk model yang diproduksi di Sunter, Jakarta Utara ini, merupakan BMW 530i Luxury Line.

Menurut Ary Mariano, Presiden Direktur PT GMI, pihaknya memang hanya merakit, karena semua komponen secara utuh didatangkan dari Jerman. Untuk proses pertama, disebut trimming, yaitu bodi yang sudah dicat dipasang part interiornya.

"Proses ini dimulai dari interior, khususnya di bawah karpet, di balik trim, semua diproses di sini. Lalu, pemasangan kaca dan jok. Semua proses ini butuh teknologi, karena semua yang dikerjakan di pabrik perakitan ini sama dengan BMW di Jerman," jelas Ary kepada wartawan di di sela-sela The All-New BMW 5 Series Media Plant Tour, Rabu (2/8/2017).

Setelah itu, lanjut untuk proses penyematan teknologi dan under body, seperti axle, transmisi, mesin, suspensi, dan ban. Jika seluruh komponen dari bawah sudah terpasang, baru masuk ke proses final.

"Untuk proses final, memasukkan software, lalu final quality gate, inspection, dan di final ini kita cek ulang semua spesifikasi," lanjutnya.

Setelah semua komponen terpasang, pihak pabrik BMW akan melakukan tes jalan, baru kemudian masuk ke finishing dan siap dikirim ke diler untuk diniagakan kepada konsumen di Indonesia.

"Dari mulai bodi kosong, hingga selesai butuh waktu 2,5 hari. Namun, untuk sehari satu line di pabrik BMW ini bisa menyelesaikan 12 unit kendaraan, dengan enam model yang diproduksi di pabrik ini," pungkas Ary.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya