Toyota Indonesia Ekspor Lebih dari 1 Juta Unit Selama 30 Tahun

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menandai kiprah kegiatan ekspornya selama 30 tahun. Raksasa otomotif asal Jepang ini, secara kumulatif telah mencapai volume ekspor kendaraan mencapai angka lebih dari 1 juta unit.

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Sep 2018, 09:06 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2018, 09:06 WIB
20160126-Produksi-Kijang-Inova-serta-Fortuner-Jakarta-IA
Pekerja menyelesaikan pembuatan mobil Kijang Innova pabrik Karawang 1 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jawa Barat, Selasa (26/1). Pabrik ini memproduksi Kijang Innova serta Fortuner mencapai 130.000 unit pertahun. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menandai kiprah kegiatan ekspornya selama 30 tahun. Raksasa otomotif asal Jepang ini, secara kumulatif telah mencapai volume ekspor kendaraan mencapai angka lebih dari 1 juta unit, sejak kegiatan pengapalan perdana.

Seremoni bertajuk realisasi 1 juta unit ekspor CBU ini berlangsung di Tanjung Priok Car Terminal. Kegiatan ini, dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Managing Officer TMC dan President of Toyota Motor Asia Pasific (TMAP),\ Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono, dan Presiden Direktur PT TAM Yoshihiro Nakata.

"Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif," ujar Warih saat seremoni realisasi 1 juta unit ekspor CBU, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

Lanjut Warih, pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, sehingga pencapaian ekspor kendaraan bermerek Toyota ini bisa terwujud dengan baik.

"Kami berharap, dukungan ini semakin besar sehingga performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah eksis dapat ditingkatkan, serta perluasan ke negara-negara tujuan baru dapat dilaksanakan," tegas Warih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Untuk diketahui, seremoni ekspor ini merupakan salah satu penanda realisasi komitmen Toyota kepada Indonesia, yang disampaikan Presiden TMC, Akio Toyoda kepada Presiden RI, Jokowi, dalam hal peningkatan investasi dan kegiatan ekspor.

Aktivitas ekspor ini melalui produk bermerek Toyota, yang diproduksi di fasilitas manufaktur TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sebagai bagian dari grup Toyota di Indonesia, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam keseimbangan neraca perdagangan terutama dari sektor otomotif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya