Tempat Favorit Kuman Bersarang di Interior Mobil, di Mana Saja?

Semua orang memandang toilet umum sebagai tempat terkotor, tempat bersarangnya kuman. Lantas di bagian mana di mobil tempat terkotor itu berada?

oleh Sigit Tri Santoso diperbarui 09 Mar 2020, 06:10 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2020, 06:10 WIB
Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Semua orang memandang toilet sebagai tempat bersarangnya kuman. Lantas di bagian mana di mobil tempat terkotor itu berada?

Mungkin tidak sekotor toilet umum tempat banyak orang melepaskan hajatnya. Namun ada sejulah titik di mobil yang kiranya menjadi lokasi favorit keberadaan kuman dan bakteri. Apalagi sekarang kita sedang berusaha mencegah terpapar Virus Corona.

Melansir Autoevolution, titik-titik terkotor ini adalah komponen yang sering kita jamah. Sekali lagi kita sebagai pengguna mobil memegang peranan penting penyebar kuman. Lebih ditekankan karena kita memegang banyak barang yang mungkin terpapar kuman sebelum menyebarkannya ke dalam mobil kita.

Sayangnya kita tidak terlalu menyadari penyebaran kuman tersebut karena menganggap mobil kita lebih bersih dari toilet. Ketika kita berada di toilet, maka kita lebih hati-hati, bahkan sebelum menggunakan toilet duduk kita membersihkannya dulu dengan anti septik atau minimal melapnya dahulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Kotor di Interior Mobil

Dasbor Toyota Calya
Dasbor Toyota Calya (Amal/Liputan6.com)

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, yang paling mudah terpapar kuman adalah komponen yang sering dijamah. Sudah pasti terlintas di benak adalah roda kemudi. Interaksi tangan kita paling sering di komponen pengendali arah laju mobil.

Ternyata menurut penelitian yang diungkap Autoevolution, di Amerika tombol putar audio (yang masih menggunakan model ini), juga tak kalah kotor. Fakta bahwa kontrol putar kecil ini sangat sering digunakan dan cukup sulit untuk dibersihkan (terutama yang memiliki lapisan karet, lapisan anti selip).

 


Mobil Rental

Sabuk keselamatan masuk daftar benda terkotor. Ini, sekali lagi, sangat masuk akal karena Anda menyentuhnya setidaknya dua kali, setiap kali Anda berkendara.

Begitu juga dengan kontrol jendela listrik, dan pembalut jok, kemudian cup holder dan akhirnya dashboard.

Beda halnya dengan mobil rental. Dalam penelitian ini menemukan bahwa sabuk keselamatan mobil sewaan jauh lebih kotor daripada roda kemudi atau tombol shifter.

Namun, untuk car sharing, sabuk keselamatan punya lebih banyak kuman daripada mobil rental.Tetapi bakteri terbesar dan magnet jamur di rideshares sebenarnya adalah panel yang menahan tombol-tombol jendela. Kumannya lima kali lebih banyak daripada sabuk keselamtan yang sudah menjijikkan.

 

 


Mobil Jomblo Lebih Bersih

Ada sebuah hal yang menarik. Ternyata mobil orang yang menikah lebih kotor daripada yang lajang. Sangat masuk akal karena mobil orang yang menikah lebih banyak memuat penumpang yang tak lain anggota keluarganya.

Sementara itu terungkap pula bahwa mobil wanita lebih kotor daripada mobil pria. Begitu juga mobil yang secara teratur mengantar anak-anak, memiliki lebih banyak bakteri dan jamur dibandingkan dengan yang tidak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya