Mitsubishi Xpander AP4 Tampil Perkasa di Meikarta Sprint Rally 2020

Mitsubishi Xpander AP4 yang berada di bawah kendali Xpander Rally Team (XRT) menunjukan keperkasaannya di ajang Meikarta Sprint Rally 2020 di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Nov 2020, 20:04 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2020, 20:04 WIB
Rifat Sungkar
Xpander Rally Team (XRT) jadi juara umum di Meikarta Sprint Rally 2020. ©2020 Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Xpander AP4 yang berada di bawah kendali Xpander Rally Team (XRT) menunjukan keperkasaannya di ajang Meikarta Sprint Rally 2020 di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

MPV balap yang dikemudikan Rifat Sungkar itu sukses menyabet gelar juara umum. Mengalahkan 73 starter, XRT membukukan catatan waktu total 12 menit 23,7 detik.

Jarak dengan peringkat kedua hampir 7 detik. Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi andalan XRT benar-benar mendominasi lima special stage (SS) dilomba selama dua hari itu.

Sejak hari pertama, pasangan pereli Rifat Sungkar dan M. Redwan (navigator) memacu Xpander AP4 dengan maksimal. Mereka mampu mengatasi tantangan lintasan tanpa kendala.

Hanya saja, di hari kedua, hujan lebat yang mengguyur kawasan Meikarta Central Park membuat laju mobil tertahan. Kendati demikian, secara keseluruhan catatan waktu pereli XRT yang turun di kelas M1 itu tidak dapat dikejar pereli lainnya.

“Kami sangat senang dengan hasil yang diperoleh di Meikarta Sprint Rally ini. Mobil tampil prima, tim bekerja dengan kompak, demikian juga dengan kedua pereli kami,” ucap Julian Johan, Manajer XRT, dalam rilisnya, Senin (4/11). Mitsubishi Xpander AP4 sendiri dikembangkan XRT sejak tahun lalu.

Rifat Sungkar, pereli sekaligus founder XRT, juga mengutarakan rasa puasnya.

“Sangat senang dengan hasil yang kami peroleh. Ini event yang kami tunggu-tunggu setelah sempat tertunda sejak awal tahun ini. Dan hasilnya sangat memuaskan. Kami sudah bekerja keras menyiapkan mobil Xpander AP4 dan semua itu terbayar lunas,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Tercepat di kelasnya

Menurut Rifat, performa Xpander AP4 benar-benar mumpuni. Waktu tercepat selalu diraih sejak SS1. Hanya saja, hujan lebat membuat laju mobil sedikit tertahan karena lintasan tanah di Meikarta menjadi sangat licin.

“Mobil-mobil di kelas M1 atau penggerak roda empat start, setelah mobil-mobil berpenggerak roda dua. Sayangnya, di satu SS terakhir, hujan lebat turun sesaat sebelum kelas M1 dilepas. Akibatnya bagian trek tanah menjadi sangat licin. Agak sulit untuk meraih waktu yang bagus seperti sebelum hujan lebat turun,” tuturnya.

Rifat Sungkar yang juga pengurus PP IMI untuk Komisi Rally dan Sprint Rally juga mengaku puas dengan terlaksananya ajang motorsport di Meikarta ini. Event ini sudah ditunggu-tunggu oleh insan motorsport di Tanah Air, khususnya roda empat.

"Menjadi unik dan menarik karena melombakan tiga cabang balap mobil, yaitu sprint rally, drifting, dan slalom atau gymkhana. Ini belum pernah terjadi. Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang membuat event ini terlaksana, termasuk para peserta yang mencapai lebih dari 270 starter. Saya juga sangat mengapresiasi kerja sama Fredi dari Pangarang Racing Team dan Meikarta sebagai pengembang kawasan. Semoga kerja sama itu dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Di akhir event, Rifat Sungkar juga sempat melakukan tandem battle di lintasan drifting bersama drifter Akbar Rais dengan menunggangi Mitsubishi Xpander AP4.

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya