Ban Tubeless Bocor, Apakah Aman Jika Ditambal?

Saat ban sepeda motor mengalami kebocoran, pastinya membuat repot pemilik kendaraan. Jika terjadi pada ban tubeless, apa yang mesti dilakukan?

oleh Arief Aszhari diperbarui 30 Agu 2022, 10:04 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2022, 10:04 WIB
Ban Tubeless
Ilustrasi tambal ban tubeless.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ban sepeda motor mengalami kebocoran, pastinya membuat repot pemilik kendaraan. Terlebih, bagi pengguna ban tubeless, karena pastinya timbul pertanyaan, apakah karet bundar jenis tersebut boleh atau bisa ditambal?

Berdasarkan laman resmi Wahana Honda, saat ini dikenal tiga metode tambal ban tubeless. Pertama, penambalan dengan sistem suntik dari luar dengan menggunakan lem, kedua dari dalam dengan sistem press, dan ketiga menggunakan cairan anti bocor dari dalam.

Lantas metode mana yang lebih baik dilakukan? Jika dilhat dari sudut produsen ban, apabila pengendara sepeda motor dengan ban tubeless mengalami kebocoran, maka penambalan sebenarnya tidak direkomendasikan

Namun, banyak pengguna yang memperpanjang usia ban bocor tersebut dengan menambalnya.

Yang paling mudah dan relatif lebih aman adalah menggunakan cairan anti bocor. Cairan anti bocor yang terpasang di dalam ban mampu menutup kebocoran secara merata seiring dengan laju perputaran ban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jika ban tertusuk benda tajam

Jika ban tertusuk benda tajam, pengguna cukup mencabutnya maka cairan akan otomatis menutup kebocoran. Untuk metode tambal dengan cara press dari dalam, jika ini dilakukan akan membuat perputaran ban menjadi tidak seimbang.

Sementara jika metode press yang dipilih, maka akan ada bagian karet ban di dalam, membuat beban ban bertambah pada satu titik, hal itu akan mempengaruhi balancing ban

Sistem tambal ban tubeless dengan cara ditusuk dari luar, akan merusak serat rangka ban. Dan secara teknis pabrikan tidak direkomendasikan menambal dengan cara ditusuk dari luar, karena hal itu dapat merusak rangka pembentuk bannya.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya