Dinamisnya Angka Pembiayaan dan Asuransi Astra Financial di Jawa Timur Semester I 2022

Pasang surut atau dinamisnya angka pembiayaan dan asuransi terjadi pada empat unit bisnis Astra Financial di Jatim. Hal tersebut terekap sepanjang semester satu tahun 2022, hingga mencapai nominal Rp 1,56 triliun.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 18 Sep 2022, 14:09 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2022, 14:09 WIB
Astra Financial
Acara Astra Financial Talk di Surabaya, Jawa Timur. (Dian Kurniawan / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pasang surut atau dinamisnya angka pembiayaan dan asuransi terjadi pada empat unit bisnis Astra Financial di Jatim. Hal tersebut terekap sepanjang semester satu tahun 2022, hingga mencapai nominal Rp 1,56 triliun.

Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jatim, Dwi Tjahjono mengungkapkan, pada semester I 2022, kinerja penyaluran pembiayaan FIFGROUP khusus Jawa Timur mengalami penurunan sekitar 11 persen.

"Penurunan kinerja ini juga dapat dilihat dari jumlah unit finance yang menurun sekitar 10 persen, di mana faktor utama krisis chip semikonduktor mendorong penurunan kinerja tersebut di tengah tingginya permintaan masyarakat terhadapsepeda motor," ujarnya pada acara Astra Financial Talk di Surabaya, ditulis Sabtu (17/9/2022).

Untuk mengoptimalkan layanan FIFGROUP kepada customer, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melaksanakan pameran virtual, yaitu FIFGROUP FEST dan SPEKTRA FAIR di beberapa kota besar mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP juga mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan baru, yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pembiayaan mikro untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia," ucap Dwi.

Dukungan Layanan Digital Unit Bisnis Astra Financial yang aman dan mudah layanan digital Astra Financial diharapkan dapat menjawab tantangan di era digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. FIFGROUP sendiri memiliki Fiona sebagai layanan digital bagi konsumen.

"Selanjutnya, FIFGROUP Mobile Customer (FMC) sebagai aplikasi yang mempermudah konsumen dalam mendapatkan berita terbaru, terkait program ataupun promo," ujar Dwi.

"Bisnis ini juga memiliki Dealer Information System (DIS) yang merupakan sistem berbasis website untuk melakukan proses order sampai dengan monitoring disbursement," tambahnya.

Sementara itu, Branch Manager Astra Credit Companies (ACC) Surabaya, Vieky Afrian mengatakan, pihaknya mencatat pembiayaan kendaraan di Jawa Timur dengan amount finance Rp 1,56 triliun selama semester pertama 2022. "Dan jumlah unit finance yang mencapai 10 ribu unit," ujarnya.

ACC sendiri akan tetap mengacu pada core bisnis yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web.

"Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berijalan DigitalOperation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan," ucap Vieky.

ACC selalu mengedepankan Customer Satisfaction, di mana kepuasan dan solusi terbaik bagi pelanggan adalah tujuannya. Solusi digital ACC sendiri melalui ACCONE apps dan ACC ONE on the web. "Pada tahun 2023 mendatang ACC juga berencana akan meluncurkan satu lagi inisiatif digitalnya di semester pertama 2023," ujar Vieky.

Sedangkan Kawil TAF, Irwan Raharjo menyebut, pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp 1,02 triliun di Jawa Timur pada periode pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 37,8 persen dibanding periode sebelumnya yang hanya sebesar Rp 742,9 miliar.

"Hal ini tercermin pula dari unit finance yang diberikan pembiayaan pada semester pertama tahun ini sejumlah 5.606 unit, meningkat 27,8 persen di mana pada periode yang sama tahun 2021 yaitu 4.387 unit," ujarnya.

TAF terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services.

"TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer," ucap Irwan.

Produk pembiayaan FLEXI memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk mengatur besaran cicilan bulanan. TAF juga memiliki DEAL sebagai aplikasi untuk bagi sales dealer dengan fitur-fitur seperti kalkulator kredit, pemantauan status aplikasi, dan achievement monitoring.

"Selanjutnya, TAF menghadirkan alternatif layanan mobilitas, yaitu Kinto One di Indonesia," ujar Irawan.

Kawil Asuransi Astra, Muliawansyah menyampaikan, pada semester satu tahun ini, Asuransi Astra wilayah Jawa Timur mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar dua persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penerapan Strategi

Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melaluisertifikasi keahlian.

"Dari sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upaya perwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan," ujar Muliawansyah.

Asuransi Astra juga ikut mendukung layanan digital dengan meluncurkan aplikasi GardaMobile Otocare di mana pelanggan dapat mengajukan klaim hingga membeli berbagaikebutuhan otomotif secara online.

"Layanan seperti contact center 24 jam Garda Akses, layanan darurat 24 jam Garda Siaga, serta layanan klaim di pusat perbelanjaan Garda Center juga terus dimaksimalkan," ucap Muliawansyah.

Diketahui, promo dan program khusus selama GIIAS Surabaya 2022, ACC berkolaborasi dengan TAF menawarkan berbagai promo menarik untuk pengunjung yang ingin mendapatkan mobil impian dengan bunga mulai 0,77 persen untuk tenor satu tahun dan bebas biaya admin.

serta bunga sebesar 2,77 persen untuk tenor dua dan tiga tahun, 3,77 persen untuk tenor empat tahun, dan 4,77 persen untuk tenor lima tahun.

FIFGROUP menawarkan promo khusus untuk dua tipe sepeda motor Honda. Pertama, FIFGROUP menawarkan promo hemat angsuran dengan DP ringan sebesar Rp satu juta ataupun program hemat angsuran hingga Rp 10 juta untuk pembelian motor Honda tipe ADV160 dan CB150X.

DP delapan persen untuk type reguler dan DP 15 persen berlaku untuk tipe sepeda motor Big Bike (500cc keatas).

Pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback saldo AstraPay senilai Rp satu juta (motor Big Bike) dan Rp lima ratus ribu (non Big Bike) untuk pelanggan repeat order FIFASTRA. Seluruh customer juga berkesempatan mendapatkan jaket limited edition.

Asuransi Astra juga memberikan hadiah langsung untuk 25 SPK berupa asuransiperlindungan kecelakaan diri Garda Me Micro. Selain itu juga pengunjung berkesempatan mendapatkan tujuh asuransi Garda Healthtech dan perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum (TJH) melalui program lucky dip.

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya