Honda Performance Development Rombak CR-V Hybrid Jadi Mobil Balap

Meski mobil balap identik dengan bentuk sedan atau hatchback, namun Honda memiliki pandangan lain terkait hal tersebut. Kini, unit Honda CR-V hybrid telah dirombak sedemikian rupa dan menjelma menjadi sebuah mobil balap beringas dan siap menaklukan kompetisi.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 02 Mar 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 18:03 WIB
Honda CR-V Hybrid menjelma jadi mobil balap bertampang beringas
Honda CR-V Hybrid menjelma jadi mobil balap bertampang beringas

Liputan6.com, Jakarta - Meski mobil balap identik dengan bentuk sedan atau hatchback, namun Honda memiliki pandangan lain terkait hal tersebut. Kini, unit Honda CR-V hybrid telah dirombak sedemikian rupa dan menjelma menjadi sebuah mobil balap beringas dan siap menaklukan kompetisi.

SUV racing tersebut akan memulai debutnya pada ajang NTT Indycar Series pada tahun depan, di mana mobil ini telah melewati serangkaian pengembangan serta pengujian untuk memaksimalkan hasilnya.

Dikutip dari pmw-magazine, SUV ini digambarkan sebagai 'Serigala Indycar' yang bersembunyi dalam jubah CR-V. Model ini telah dikembangkan secara langsung oleh Honda Performance Development (HPD) dan bekerjasama dengan North America Auto Design Division (NAAD).

Sementara itu, model ini dibangun oleh Honda of America Racing Team (HART) dengan menyematkan unit powertrain V6 berkubikasi 2.2 liter twin-turbocharged.

Untuk menopang performa tersebut, Honda CR-V Hybrid ini telah dipersenjatai dengan superkapasitor Skeleton dan teknologi motor hybrid Empel MGU dan jantung pacu tersebut ditopang dengan bahan bakar terbarukan dari Shell.

Tidak hanya sektor lumbung pacu, untuk meningkatkan performa yang mumpuni dalam balapan nanti, model ini juga dibekali dengan sasis baja tubular chromoly yang dipadukan dengan bodywork Honda CR-V hybrid 2023.

Beberapa komponen karbon juga telah disematkan, di mana hal tersebut meliputi spiltter depan dan sparbor. Sedangkan pada bagian belakangnya, spoiler yang disematkan juga telah didesain ulang guna memberikan downforce yang lebih maksimal.

"Honda CR-V Hybrid Racer adalah 'laboratorium listrik bergulir' kami, untuk menyelidiki kemana pria dan wanita berbakat dari HPD dan Honda dapat pergi dengan elektrifikasi, teknologi hybrid dan 100 persen bahan bakar terbarukan," jelas David Salters, Presiden dan Direktur Teknis dari Honda Performance Development, melalui informasi resminya.


Setelah Debut di IIMS 2023, Wuling Alvez Diperkenalkan di Bekasi

Setelah resmi diluncurkan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Wuling Motors melanjutkan perkenalan SUV kompaknya, Wuling Alvez kepada masyarakat Bekasi. Konsumen dapat melihat SUV asal China itu di Summarecon Mall Bekasi, mulai Rabu hingga Minggu (1-5 Maret 2023).

Selain itu, terdapat juga ragam promo menarik yang bisa didapatkan selama gelaran berlangsung, dan bagi konsumen yang penasaran dengan berbagai inovasi dari kendaraan Wuling, dapat melakukan test drive dari unit yang disediakan.

Kharismawan Awangga, Regional Sales Manager Wuling Motors mengatakan, sejak peluncurannya di IIMS 2023, pihaknya merasakan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap Alvez.

"Kami berharap, konsumen bisa melihat lebih dekat dan secara langsung Compact SUV terbaru dari Wuling melalui acara ini. Mari kunjungi Summarecon Mall Bekasi untuk mencoba Alvez, SUV yang memadukan gaya dan inovasi," jelas Kharismawan, dalam keterangan resmi, Rabu (1/3/2023).

Seperti diketahui, Wuling Alvez tersedia dalam tiga varian berbeda, yaitu tipe SE dengan banderol Rp 209 juta, tipe CE dengan banderol Rp 255 juta, dan tipe EX sebagai yang paling tinggi dengan harga Rp 295 juta.

Ragam inovasi yang tersedia di Wuling Alvez memang tidak tanggung-tanggu. Pertama, adalah Wuling Indonesian Command (WIND) yang memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan berbagai fitur berkendara melalui perintah suara canggih berbahasa Indonesia.

Fitur voice command interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan.

Seperti pendingin udara, jendela, sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi, mengatur besaran volume suara, serta menginformasikan tanggal dan waktu saat ini.


Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata

Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata
Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata. (Dok: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya