Meskipun Tidak Disarankan Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Menggunakan Motor, Berikut Tips Aman dan Nyaman Pulang Kampung Pakai Skutik Vespa

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memang telah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor. Namun, karena alasan tertentu, masih banyak yang nekat melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan roda dua kesayangan.

oleh Arief Aszhari diperbarui 18 Apr 2023, 10:02 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 10:02 WIB
Mengenal Water Hammer di Vespa Matik dan Cara Mengatasinya (Ist)
Mengenal Water Hammer di Vespa Matik dan Cara Mengatasinya (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memang telah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor. Namun, karena alasan tertentu, masih banyak yang nekat melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan roda dua kesayangan.

Jika sudah begitu, dipastikan sepeda motor harus dalam kondisi prima, agar tetap nyaman dan aman saat digunakan. Begitu juga dengan skuter matik (skutik) Vespa yang masih banyak digunakan untuk mudik Lebaran.

Dennil Sagita, Founder Scooter VIP Surabaya workshop specialis Vespa matik mengatakan pastikan bahwa Vespa yang akan Skuteris gunakan untuk mudik berada dalam kondisi mesin yang sehat dan prima.

"Dengan begitu, Vespa matik bisa digunakan untuk melewati berbagai kondisi medan jalan secara mudah," jelas Dennil dalam keterangan resmi, Senin (17/4/2023).

Ini tips Vespa matik agar aman dan nyaman digunakan mudik:

Cek Kondisi Pelumas Mesin & Gardan

Pemeriksaan rutin kondisi oli mesin dan oli gardan Vespa Matic baiknya dilakukan setiap 1.000 km atau 3 bulan pemakaian. Kemudian, oli mesin wajib diganti setelah digunakan sejauh 5.000 km atau 6 bulan mana yang lebih cepat.

Utuk oli gardan wajib diganti setelah digunakan sejauh 10.000 km ataupun dipakai selama 12 bulan mana yang ditempuh lebih cepat.


Cek Kondisi CVT & Mesin

CVT (Continuously Variable Transmission) adalah bagian dari sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk atau belt yang menghubungkan antara pulley primer dengan pulley sekunder.

Kondisi V-Belt idealnya harus diperiksa secara berkala setiap 8.000 km dan umumnya usia pemakaian V-belt sampai dengan 24.000 km. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, kondisi V-belt dapat terkontrol dengan baik, sehingga tanda-tanda awal kerusakan seperti retak-retak atau aus dapat lebih dini diketahui.

Cek Kondisi Lampu lampu Depan, Sein, & Rem

Mudik menggunakan Vespa Matik tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi jika kampung halaman skuteris berada di titik terjauh pulau jawa.

Oleh karena itu, sudah seharusnya para skuteris memperhatikan sektor penerangan. Baik lampu siang, malam, sein, maupun lampu rem haruslah berfungsi secara optimal demi keselamatan berkendara pada malam hari.

Cek Kondisi Filter Oli & Filter Udara

Filter oli vespa matik harus dicek, dibersihkan atau diganti secara berkala. Masalahnya masih banyak yang belum tahu juga kalau motor matik punya filter oli yang harus dicek atau diganti secara berkala.

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya