Ford Berencana PHK Karyawan Lagi, Efisiensi hingga Rp 45 Triliun

Ford Motor kembali berencana untuk mempersiapkan babak baru pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Serikat

oleh Arief Aszhari diperbarui 26 Jun 2023, 09:06 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 09:06 WIB
Ford Motor Co.
Logo Ford Motor

Liputan6.com, Jakarta - Ford Motor kembali berencana untuk mempersiapkan babak baru pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Serikat.

Dilansir US News, Minggu (23/6/20230, pabrikan asal Negeri Paman Sam ini, pada Maret 2022 lalu, telah mengumumkan rencana untuk mengurangi biaya struktural hingga USD 3 miliar atau setara Rp 45 triliun pada unit kendaraan bertenaga gasnya.

Lalu, pada Agustus 2022, Ford mengatakan akan memangkas total 3.000 pekerja bergaji dan kontrak, sebagian besar di kawasan Amerika Utara dan India.

Menurut laporan Wall Street Journal, putaran baru PHK di Ford diperkirakan akan memengaruhi karyawan di divisi gas, kendaraan listrik, dan perangkat lunak pembuat mobil di Detroit, tetapi jumlah karyawan yang terkena PHK tidak dapat diketahui secara pasti.

Pihak Ford juga tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait kabar PHK tersebut.

Upaya terbaru pembuat mobil untuk merampingkan operasinya datang setelah produsen lainnya yakni Stellantis NV dan General Motors mengatakan mereka menawarkan pembelian karyawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenaikan Harga Mobil

Pikap listrik Ford F-150 Lightning Pro SSV. (Dok.Ford)
Pikap listrik Ford F-150 Lightning Pro SSV. (Dok.Ford)

Kenaikan harga dan permintaan yang kuat untuk kendaraan baru telah mendorong perusahaan pembuat mobil mengatasi beberapa tantangan inflasi, meskipun biaya bahan baku yang lebih tinggi masih menjadi tantangan.

Pembuat mobil di AS juga telah mencoba untuk mengendalikan biaya pada bisnis kendaraan listrik mereka yang mahal, area fokus industri karena produksi kendaraan ramah lingkungan menjadi arus utama.


Infografis Mobil Kepresidenan RI

Infografis Mobil Kepresidenan RI
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya