Ikut AXCR 2023, Rifat Sungkar Andalkan Mitsubishi Triton Generasi Terbaru

Atlet motorsport sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesioa (MMKSI) Rifat Sungkar, bakal melakoni ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Thailand, dengan menggunakan generasi terbaru Mitsubishi Triton.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 01 Jul 2023, 10:07 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 10:07 WIB
Rifat Sungkar bakal menggeber Mitsubishi Triton terbaru di AXCR 2023
Rifat Sungkar bakal menggeber Mitsubishi Triton terbaru di AXCR 2023

Liputan6.com, Jakarta - Atlet motorsport sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesioa (MMKSI) Rifat Sungkar, bakal melakoni ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Thailand, dengan menggunakan generasi terbaru Mitsubishi Triton.

Sejak teaser kemunculannya beberapa waktu lalu, model ini membuat publik penasaran dengan desain serta kehebatannya. Rupanya hal tersebut bakal langsung dicicipi oleh Rifat Sungkar dalam ajang rally terganas di Asia.

Tampil dengan balutan kamuflase, Mitsubishi Triton terbaru telah didesain ulang sepenuhnya, termasuk beberapa aspek penting seperti bodi, rangka, sasis serta jantung mekanisnya.

Dalam keterangan resminya, Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart menjelaskan bahwa keunggulan dari generasi terbaru Mitsubishi Triton ini adalah dari handling serta stabilitas yang dihasilkan di jalan kasar yang membuat mobil akan lebih baik dikemudikan.

"Berdasarkan kekuatan asli All-New Triton, performa handling, stabilitas di jalan kasar, dan kenyamanan berkendara di jalan kasar, dan kenyamanan berkendara semakin ditingkatkan sebagai sebuah mobil kompetisi rally. Selain itu, turbocharger telah ditingkatkan untuk meningkatkan respon mesin di seluruh rentang rally dari rpm rendah hingga tinggi, sehingga menghasilkan mobil reli yang bertenaga yang dapat mengatasi segala kondisi jalan," jelasnya.

Meski model ini akan turun di Group T1, namun Tim Mitsubishi Ralliart telah memberikan sejumlah peningkatan untuk mengoptimalkan performa double cabin tersebut di atas lintasan tanah.

Dalam akun instagram resminya, pereli yang tahun lalu mendulang keberhasilan dalam ajang AXCR memohon doa agar ia bisa kembali menorehkan prestasi bersama tim yang menaunginya.

"Mohon doanya karena banyak sekali pelajaran di tahun lalu, semoga hasil tahun ini lebih baik lagi dari sebelumnya," tulis Rifat Sungkar.

Selain Rifat Sungkar, skuad Tim Mitsubishi Ralliart juga akan diperkuat oleh beberapa pereli kompeten, seperti Chayapon Yotha (Thailand), dan Katsuhiko Taguchi (Jepang).


WRC Kenya Jadi Ajang Pengujian Toyota Hilux Hybrid Sebelum Meluncur di 2024

Kabar mengenai generasi terbaru Toyota Hilux yang bakal hadir dengan penambahan teknologi hybrid semakin santer. Dilansir dari Autocar India, mobil double cabin ini bakal meluncur pada 2024 dan dibekali dengan spesifikasi yang mirip dengan Fortuner hybrid.

Menelisik spesifikasinya, Toyota Hilux Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) dikabarkan bakal menggendong mesin 2.8 liter dan dikombinasikan melalui motor listrik 48V. Tidak disebutkan berapa besaran tenaga yang dihasilkan, namun berdasarkan spekulasinya tidak berbeda jauh dengan SUV Fortuner hybrid.

Kombinasi antara mesin konvensional dengan motor listrik tersebut nantinya akan menawarkan sistem transmisi otomatis enam percepatan.

Bahkan, dari informasi yang dirilis tersebut disebutkan bahwa penggunaan jantung mekanisnya ini lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar sebesar 10 persen.

Namun, dengan penambahan teknologi hybrid tersebut tidak serta merta dapat menambah kemampuan off-road. Toyota telah mengeklaim bahwa penambahan motor listrik tersebut tidak akan berpengaruh pada kehebatannya dalam menapaki medan tanah.

Kehadiran mild hybrid tersebut nantinya akan dipasangkan di setiap varian, namun untuk pertama kalinya trim paling atas akan menjadi pilihan utama dari pabrikan.

Sebelum mobil tersebut dirilis secara resmi, pabrikan juga telah melakukan uji kemampuan di sela-sela putaran ketujuh gelaran World Rally Championship (WRC) di Kenya, di mana model ini dikemudikan oleh Juara WRC empat kali, yakni Juha Kankkunen dengan co-drivernya Jimmy Gathu.

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya