Menjajal Suzuki XL7 Hybrid yang Dibekali Teknologi SHVS, Beneran Irit?

Unit yang menemani kami selama perjalanan adalah Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha AT dengan kelir Savana Ivory yang merupakan varian tertinggi dari keluarga XL7.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 21 Jul 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 18:04 WIB
Suzuki XL7 Hybrid
Suzuki XL7 Hybrid hadir dengan tampilan lebih gagah dan dibekali teknologi SHVS. (SIS)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak lama setelah meluncurkan Suzuki XL7 Hybrid, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) langsung mengajak media massa nasional, termasuk Liputan6.com, untuk menjajal performanya. Media test drive ini sendiri berlangsung awal Juli kemarin di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Unit yang menemani kami selama perjalanan adalah Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha AT dengan kelir Savana Ivory yang merupakan varian tertinggi dari keluarga XL7.

Secara tampilan luar, XL7 Hybrid dibanding pendahulunya tak berbeda jauh. Hanya ada beberapa sentuhan baru yang membuatnya jadi terlihat lebih gagah, seperti new front grill design dengan sentuhan black color dan new black wheel.

Kemudian ada penambahan fitur new autolight with guide me light dan new auto retractable mirror.

Lalu, new tailgate garnish chrome, new short pole antenna, new hybrid emblem. dan new two-tone body color, melengkapi penyegaran pada sisi eksterior.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Suzuki XL7 Hybrid
Suzuki XL7 Hybrid. (Septian/Liputan6.com)

Sementara pada interior meliputi, perubahan pada warna pelapis jok, dan pengaplikasian black wood pattern ornament instrument panel.

Suzuki juga menambah fitur baru untuk meningkatkan sensasi berkendara, seperti new gear shift indicator, cruise control, dan new hill hold control untuk menjaga agar posisi mobil saat stop & go di jalan menanjak.

"Suzuki memberikan beberapa pembaruan untuk menambahkan kesan mewah, stylish, dan modern pada New XL7 Hybrid. Akan tetapi, fokus utama kami tetap ada pada fitur dan teknologi canggih terbaru yang justru dapat menjaga efisiensi bahan bakar terutama di medan-medan yang menantang," terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

 


Fitur-Fitur

Suzuki XL7 Hybrid
Baterai Lithium-ion battery 10Ah tersimpan di bawah jok penumpang depan. (Septian/Liputan6.com)

Untuk diketahui, Suzuki XL7 Hybrid telah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang ditunjang oleh dua komponen utama yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery.

SHVS bekerja mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, dan meminimalisirnya saat tidak diperlukan dengan memanfaatkan peran fitur Engine Auto Start-Stop seperti yang dialami ketika berhenti di lampu lalu lintas dan kemacetan.

Alhasil, penggunaan bahan bakar akan berkurang sekaligus tidak ada gas buang yang dihasilkan selama berhenti melaju.

Lithium-ion battery yang diadopsi tidak hanya bermanfaat untuk menunjang Engine Auto Start-Stop saja, tetapi juga dapat memberikan Acceleration Assist kepada mesin, serta melakukan Regenerative Braking guna menyuplai kebutuhan listrik yang akan dipakai untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal XL7 Hybrid.

Untuk mesinnya sendiri tak ada bedanya dengan model sebelumnya, yakni mesin K15B yang menghasilkan daya 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4-speed.

 

Suzuki XL7 Hybrid
Ilustrasi adu irit Suzuki XL7 Hybrid. (Septian/Liputan6.com)

Namun karena diklaim memiliki efisiensi lebih baik dibanding pendahulunya berkat teknologi yang diusung, pada kesempatan test drive inipun Suzuki menantang awak media untuk melakukan adu irit.

Kompetisi adu irit dimulai dari kawasan Kaliurang hingga Gumuk Pasir yang berada di Kabupeten Bantul.

Hasilnya cukup mencengangkan meski melewati kontur jalan yang beragam, seperti naik turun di wilayah perbukitan, serta kondisi lalu lintas yang bervariasi mulai dari lengang hingga macet.

Dengan total jarak lebih dari 300 kilometer, konsumsi bahan bakar tertinggi yang diperoleh mencapai 19,05 km/liter. Tapi ini tidak dapat dijadikan acuan atau patokan standar konsumsi BBM XL7 Hybrid, mengingat kondisi dan cara yang diterapkan peserta dalam mencapainya berbeda-beda.

Secara keseluruhan, XL7 Hybrid menawarkan kenyaman berkendara yang optimal karena didukung oleh mesin bertenaga serta sistem suspensi yang mumpuni.

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem audio yang menghasilkan suara jernih dan memanjakan telinga, serta dibekali E-Mirror Touchscreen yang jauh lebih lengkap fiturnya dan kualitasnya makin ciamik dibanding model terdahulunya.

Berikut daftar harga Suzuki XL7 series on the road Jabodetabek:

XL7 Hybrid Alpha AT : Rp 304,9 juta

XL7 Hybrid Alpha MT : Rp 293,9 juta

XL7 Hybrid Beta AT : Rp 294,9 juta

XL7 Hybrid Beta MT : Rp 283,9 juta

XL7 Zeta AT : Rp 267,1 juta

XL7 Zeta MT : Rp 256,1 juta.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya