3 Tips Merawat Aki Mobil Kesayangan agar Berumur Panjang

Aki adalah salah satu komponen utama dalam sistem listrik kendaraan bermotor dan berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan mesin dan memberikan daya pada berbagai perangkat elektronik di dalam kendaraan.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 30 Sep 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 20:00 WIB
Booth G-Force di IMX 2023
Booth G-Force di IMX 2023

Liputan6.com, Jakarta - Aki adalah salah satu komponen utama dalam sistem listrik kendaraan bermotor dan berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan mesin dan memberikan daya pada berbagai perangkat elektronik di dalam kendaraan.

Aki berperan vital dalam sistem listrik kendaraan yang memungkinkan untuk memulai mesin dan memberikan daya pada perangkat elektronik. Memahami jenis aki dan merawatnya dengan baik dapat membantu memperpanjang umur aki dan memastikan kinerjanya yang optimal. 

Dengan perawatan yang tepat, aki dapat menjadi lebih andal dan menghindari masalah listrik yang tidak diinginkan di jalan. Salah satu karyawan di booth G-Force pada IMX 2023 memberikan tips agar aki mobil tidak cepat soak atau drop

1. Usahakan Tutup Semua Pintu Ketika Ingin Memanaskan Mobil

Pada saat kita ingin menyalakan mobil untuk dipanaskan, usahakan untuk menutup semua pintu mobil karena tidak banyak orang yang tahu bahwa membuka pintu mobil bisa menyedot arus sehingga aki pada mobil menjadi tidak awet.

 

 


2. Pastikan Alternator pada Mobil Berfungsi Baik

Aki yang awet juga berpengaruh pada kondisi alternator yang berfungsi dengan baik, karena fungsi alternator pada mobil adalah mengisi daya aki pada saat mobil berjalan sehingga kita perlu untuk mengecek alternator apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Nyalakan Mesin Minimal Seminggu Sekali bagi Mobil yang Jarang Dipakai

Bagi sebagian orang berpikiran bahwa mobil yang jarang dipakai akinya akan awet, ternyata aki pun butuh juga pengisian baterai seperti kita mengisi daya baterai pada hp, karena aki yang jarang digunakan akan mengurangi umur dari aki itu sendiri sehingga jika kita memiliki mobil yang jarang dipakai usahakan untuk menyalakan mesinnya minimal seminggu sekali.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya