Minivan Listrik Terbaru Menyapa Pasar Tiongkok, Cocok Buat Menemani Traveling

Haima EX-00 menjadi minivan listrik terbaru yang baru-baru ini diperkenalkan di pasar Tiongkok. Kendaraan ramah lingkungan yang rencananya mulai dipasarkan pada awal 2024 itu memiliki desain menarik

oleh Tim Otomotif diperbarui 28 Des 2023, 14:04 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 14:04 WIB
mobil listrik
Minivan listrik Haima EX-00 cocok buat yang suka traveling. (Carnewschina)

Liputan6.com, Jakarta - Haima EX-00 menjadi minivan listrik terbaru yang baru-baru ini diperkenalkan di pasar Tiongkok. Kendaraan ramah lingkungan yang rencananya mulai dipasarkan pada awal 2024 itu memiliki desain menarik dan cocok untuk menjadi teman traveling.

Seperti dilansir Carnewschina, Haima sendiri bukan lah merek baru. Sebuah perusahaan yang kini dikelola oleh FAW Group sejak 2006.

Sebelumnya ia adalah perusahaan joint venture antara Mazda dengan pemerintah Provinsi Hainan, China sejak 1992. Diberi nama dari gabungan keduanya, menjadi Haima yang punya arti kuda laut.

Untuk EX-00 pada dasarnya merupakan unit yang sebelumnya berwujud konsep. Ide awalnya datang dari perusahaan IT Box yang juga bagian dari FAW Group. Berkolaborasi dengan Haima, mereka mengenalkan konsep MPV pada 2021 dengan nama BM-400.

Mobil berbadan kotak ini direncanakan meluncur awal 2024. Ia memiliki nuansa retro berkat penggunaan kelir bodi dwiwarna. Tampangnya mengingatkan pada mobil Hyundai Staria.

Namun, sektor penerangan utamanya bukan berupa garis horizontal maupun segmen di bumper. Haima memberikan pendekatan lebih klasik dengan lampu proyektor dengan empat sisi tebal menyala sebagai daytime running light.

Berbekal dimensi panjang 4.500 mm dan lebar 2.850 mm. Tatanan tersebut membuatnya mampu memberikan kelapangan kabin mumpuni.

Hal ini sejalan dengan tujuan kehadirannya untuk kebutuhan travel, pariwisata dan angkut barang. Akses ke dalam kabin sangat praktis dengan dukungan pintu geser atau sliding masif berukuran 1.600 mm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konfigurasi Tempat Duduk

Hal unik bisa dilihat di kabin penumpang. Konfigurasi tempat duduk punya formasi 1+1+3. Ini tentunya memberikan ruang bagi barang tepat di samping pengemudi dan baris kedua.

Menariknya, kenyamanan disokong sistem pengatur suhu independen dan layar multimedia di langit-langit untuk deretan belakang.

Belum ada bocoran data spesifikasi dan performa. Namun, penggunaan motor elektrik EX-00 dikatakan memiliki kemampuan jelajah 480 km.

Kemudian terdapat beberapa perangkat terkini pengguna sensor, sistem pengisian daya cepat, head unit dan panel instrumen digital penuh warna.

Di samping EX-00, Haima dikabarkan telah menyiapkan dua produk lain. Di mana mereka sudah mendarat di diler di Rusia. Adalah minivan 7X dan crossover 8S. Unit pertama merupakan seven seater dengan dimensi panjang mencapai 4,8 meter.

Sementara unit kedua bersaing dengan Toyota RAV4. Keduanya mengusung dua opsi jantung mekanis konvensional, yakni 1,6 liter penghasil 195 hp dan 1,5 liter pecipta 165 hp.

Sumber: Oto.com

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya