Cetak Sejarah, Pembalap Surabaya Ini Juarai Superchallenge Supermoto Race 2024

embalap tim Super Rider, Tommy Salim berhasil cetak sejarah, dengan mengawinkan juara Umum Nasional FFA 250 dan Trail 180 Open

oleh Arief Aszhari diperbarui 02 Sep 2024, 13:11 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 13:11 WIB
Cetak Sejarah, Pembalap Surabaya Ini Juarai Superchallenge Supermoto Race 2024 (ist)
Cetak Sejarah, Pembalap Surabaya Ini Juarai Superchallenge Supermoto Race 2024 (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap Superchallenge Supermoto Race 2024 seri Kejurnas telah mencapai puncaknya. Berlangsung di Sirkuit Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (31/8/2024), pembalap tim Super Rider, Tommy Salim berhasil cetak sejarah, dengan mengawinkan juara Umum Nasional FFA 250 dan Trail 180 Open.

Rider asal Surabaya, Jawa Timur, itu terus tampil konsisten dan mendominasi sejak seri perdana hingga seri terakhir di Boyolali. Tommy sukses menjaga keunggulan poin dari pesaing-pesaing terdekatnya seperti Farudila Adam, Yaasin Somma, Doni Tata, Maliki Somma, hingga saudara kandungnya, Gerry Salim.

Di kelas utama FFA 250, rider bernomor start 75 ini berhasil mengoleksi total 213 poin yang membuatnya tak lagi terkejar oleh Yaasin Somma di posisi dua dengan 200 poin. Sedangkan urutan ketiga ditempati Gerry Salim dengan 188 poin.

Sedangkan di kelas 180 Open, Tommy memastikan gelar juara dan unggul dengan raihan total 193 poin. Berjarak tipis di belakangnya, Farudila Adam harus puas di urutan kedua dengan 192 poin. Posisi ketiga ditempati Andrias Lukito dengan 178 poin.

Torehan gelar ganda ini tak mudah diraih oleh Tommy. Perlawanan sengit dari kompetitor terdekat seperti Yaasin Somma dan Farudila Adam membuat Tommy cukup kesulitan meraih hasil maksimal di Boyolali.

Namun berkat ketenangan dan strategi yang tepat, ia berhasil mengamankan jarak poin untuk memastikan gelar juara.

Usai naik podium, Tommy Salim tak bisa menutupi rasa banggaa. Hal ini memang sudah jadi impian dan targetnya dari tahun-tahun sebelumnya.

"Putaran terakhir di Boyolali ini memang agak beban buat saya karena standing poinnya cukup mepet. Tapi saya berusaha fight untuk mengamankan poin,” ungkap Tommy Salim, dalam keterangan resmi, Senin (2/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kelas 180 Junior

Sementara itu di kelas 180 Junior, Benaya Farel berhasil menjadi juara umum dengan mengantongi 226 poin. Davin CP membuntuti di belakangnya dengan 192 poin dan posisi ketiga diraih Maliki Somma dengan 173 poin.

Dengan berakhirnya putaran terakhir ini, Perwakilan Superchallenge, Mario Putra menyampaikan apresiasi kepada seluruh pebalap yang berpartisipasi sejak seri perdana hingga terakhir di Boyolali.

Ia berharap, kancah balap supermoto di Indonesia akan kian kompetitif dan terus melahirkan rider-rider berprestasi.

"Apresiasi kami untuk semua rider yang berpartisipasi sejak seri perdana hingga putaran final Superchallenge Supermoto Race di Boyolali. Persaingannya sangat kompetitif dan menjadi indikasi yang positif untuk perkembangan supermoto Indonesia. Harapannya semoga akan semakin banyak bermunculan talenta-talenta supermoto Indonesia yang bisa bersaing di level internasional," tukas Mario.

 

Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya