Royal Enfield Kustom Curi Perhatian di Kustomfest 2024, Tampil dengan Desain Bagger

Royal Enfield memperkenalkan motor kustom dari hasil kolaborasi antara Royal Enfield dengan AMS Garage bernama Phoenix. Motor ini menggunakan model Super Meteor 650 dari Royal Enfield.

oleh Rendy Yansah diperbarui 06 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 20:00 WIB
Motor kustom Phoenix
Motor kustom Phoenix ikut mejeng pada gelaran Kustomfest 2024. (Liputan6.com/ Rendy Yansah)

Liputan6.com, Jakarta - Pada gelaran Kustomfest 2024, Royal Enfield menunjukkan dominasinya di dunia motor kustom dengan memperkenalkan motor kustom yang diberi nama Phoenix. 

Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Royal Enfield dengan AMS Garage, salah satu builder ternama di Indonesia. 

Phoenix menjadi motor kustom pertama yang dibuat oleh AMS Garage, berdasarkan model Super Meteor 650 dari Royal Enfield. Kehadiran Phoenix di ajang ini menunjukkan komitmen Royal Enfield untuk terus mendorong inovasi di dunia sepeda motor kustom.

Putu Ajus Mulyawarman, builder dari AMS Garage, menjelaskan bahwa konsep Phoenix adalah hasil tantangan dari Royal Enfield kepada builder di seluruh dunia melalui program Custom World. 

Untuk menjawab tantangan tersebut, ia ingin membuat konsep bagger yang berbeda, yang mana belum pernah dibuat sebelumnya yaitu, tradisional begger

“Konsep ini adalah tantangan Royal Enfield untuk menciptakan bagger, yang merupakan tipe motor low rider khas Amerika. Saya berpikir bahwa Super Meteor ini sangat cocok untuk dijadikan bagger,” ujar Putu Ajus saat diwawancarai pada (6/10/2024). 

Proses pengembangan Phoenix memakan waktu sekitar enam bulan. Menariknya, hampir semua bagian kustom motor ini adalah hasil karya buatan tangan. 

“Hanya mesinnya yang asli, semua lainnya adalah custom handmade,” kata Putu.

Dirinya menekankan bahwa pembuatan bodi dari aluminium tanpa cat membutuhkan keterampilan khusus dan waktu yang cukup lama untuk mencapai hasil yang halus dan rata.

Putu juga menambahkan bahwa program Custom World telah berjalan sebanyak sepuluh kali di berbagai negara, termasuk Jepang, Amerika, dan Indonesia. 

Di sisi lain, menurut Anuj Dua, Kepala Bisnis untuk pasar Asia Pasifik, menyatakan bahwa semakin banyak motor kustom yang muncul di pasar Asia Pasifik menunjukkan motor Royal Enfield adalah platform yang ideal untuk kustomisasi. 

“Banyaknya sepeda motor kustom yang dihadirkan di pasar Asia Pasifik semakin menegaskan bahwa sepeda motor Royal Enfield merupakan kanvas yang sempurna untuk kustomisasi. Dengan rangka yang sesungguhnya dan sederhana, membuat sepeda motor Royal Enfield sangat cocok untuk mengekspresikan kreativitas dengan keunikan dari para builder terbaik di seluruh dunia,” ujar Anuj Dua. 


Spesifikasi Motor kustom Phoenix

Motor kustom Phoenix yang dipamerkan di Kustomfest 2024 merupakan hasil karya AMS Garage dengan basis model dari Royal Enfield Super Meteor 650.

Motor ini dirancang dengan spesifikasi yang unik dan desain yang detail, menjadikannya salah satu motor kustom yang paling dinanti dalam acara tersebut.

Phoenix menggunakan frame custom handmade, yang berarti rangka motor ini dibuat sepenuhnya secara manual. 

Seluruh bodywork motor terbuat dari aluminium dengan raw finishing, yang memperlihatkan tampilan mentah material tanpa pengecatan tambahan. Sentuhan hairline polished pada body memberikan kesan halus dan berkelas.

Salah satu keunikan Phoenix terletak pada penggunaan Girder Front Suspension, yang didukung dengan air suspension shock untuk peredaman guncangan yang lebih nyaman.

Dari segi detail lainnya, Phoenix dilengkapi dengan Custom Leather Saddle yang diukir secara manual, menambah kesan eksklusif. 

Jok kulit ini dipadu dengan knalpot two-on-two yang dibuat secara khusus untuk mendukung performa mesin dan menambah daya tarik visual.

Ban depan Phoenix menggunakan model Firestone Ribbed yang dikenal memberikan grip yang baik di jalan, sedangkan ban belakangnya menggunakan Pirelli Night Dragon, yang dirancang untuk stabilitas dan performa tinggi.

Infografis Motor Listrik
Motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya