Jadi Tuan Rumah Pertemuan Parpol Koalisi Prabowo, Siapa Maher Algadri?

Para pemimpin Gerindra, PKS, dan PAN berkumpul di sebuah rumah di bilangan Prapanca, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Juli 2018.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Agu 2018, 13:42 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2018, 13:42 WIB
Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin koalisi Prabowo Subianto, yakni Partai Gerindra, PKS, dan PAN berkumpul di sebuah rumah bilangan Prapanca, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 31 Juli. Rumah itu merupakan milik Maher Algadri. 

Belum diketahui alasan para pemimpin parpol yang tengah melakukan penjajakan koalisi di Pilpres 2019 berkumpul di rumah Maher. Saat tiba, Prabowo hanya bilang ingin makan satai bareng di rumah Maher.

"Undangan makan satai," kata Prabowo di dalam mobil yang ditemani Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif saat tiba di rumah Maher.

Tiba lebih dulu Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufrie. Hadir juga pemimpin Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri; dan Sekjen PAN, Eddy Seoparno. Menyusul kemudian Ketum PAN Zulkifli Hasan.


Siapa Maher Algadri?

Pimpinan pks di rumah Maher Algadri. (Merdeka.com)
Pimpinan pks di rumah Maher Algadri. (Merdeka.com)

Maher merupakan salah satu pemimpin perusahaan Kodel Grup. Dia menjabat sebagai direktur utama dalam perusahaan yang sahamnya juga dimiliki oleh Fahmi Idris, Abdul Latief, Pontjo Sutowo, dan Jan Darmadi.

Kodel Grup merupakan salah satu perusahaan yang bersinar di era Orde Baru.

Pada 2006, Maher pernah diberitakan terseret kasus pembelian senjata Waaslog KSAD (alm) Brigjen TNI Purn Koesmayadi. Maher diduga sebagai penyokong dana pembelian senjata itu.

Nama Maher awalnya diseret oleh anggota Komisi I DPR kala itu, Dedy Djamaluddin Malik. Dedy merupakan politikus asal PAN. Namun, kabar tersebut dibantah tegas oleh pihak Maher. Pihak Maher malah sempat mengancam akan memperkarakan kasus ini karena pencemaran nama baik.

Maher juga diketahui aktif dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dia bahkan sempat tertangkap kamera hadir saat Kadin menggelar dialog bersama capres dan cawapres pada Pilpres 2014 di Djakarta Theater, 20 Juni 2014.

Maher adalah putra pasangan Hamid Algadri dan Zena binti Husein Alatas. Rupanya, Maher dan Prabowo merupakan kawan lama. Bahkan, sejak kecil Maher dan Prabowo sudah saling mengenal, karena kedua orangtua Maher dan Prabowo juga punya kedekatan.

Maher juga bukan orang baru dikancah politik. Bahkan, sekelas mantan Ketum Golkar Aburizal Bakrie (Ical) mengaku sudah mengenal lama sosok Maher.

 

Reporter: Randy Ferdi Firdaus

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya